Efektivitas Peran Modin di Masyarakat (Studi Kasus Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur)

Sari, Eka Fatma (2022) Efektivitas Peran Modin di Masyarakat (Studi Kasus Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110144_COVER.pdf

Download (256kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110144_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (523kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110144_BAB I.pdf

Download (519kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110144_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_HKI_181110144_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_HKI_181110144_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110144_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110144_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kebudayaan dan lingkungan masyarakat Jawa khususnya tidak pernah lepas dari adat-istiadat budaya dan lingkungan tersebut. Dalam proses ini tentu ada peran penting seseorang. Kondisi demikian tentunya ada seseorang yang biasa memberikan informasi tentang ajaran-ajaran keagamaannya dengan syari’at-syari’at ke Islamannya. Dengan begitu tidak bisa sembarang orang, di Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur tepatnya seorang tersebut biasa dipanggil dengan sebutan “modin”. Modin adalah orang yang sangat berpengaruh di Desa, bukan hanya tentang pemahaman keagamaannya saja, tetapi modin juga berpengaruh seperti jantung dalam kehidupan masyarakat Desa karena bersentuhan secara langsung dalam segala hal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Apa saja peran modin di Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap efektivitas peran modin di masyarakat? Tujuan penelitiannya adalah: 1. Untuk mengetahui peran modin yang dilakukan di Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur. 2. Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap efektivitas peran modin di masyarakat Desa Sambangan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian jenis kualitatif yang bersifat lapangan (field research) dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan cara memaparkan data, seperti buku-buku, jurnal, Hadits, dan Al-Qur’an. Kesimpulan penelitian yang peneliti lakukan adalah: 1. Peran modin terhadap masyarakat Desa Sambangan dapat dilihat dari tugas pokok dan fungsinya seperti: Sebagai tokoh masyarakat. Mengurus pernikahan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan seperti talak, cerai, dan rujuk. Mengurus jenazah seperti memandikan, mengkafani dan menguburkan. Membina kegiatan sosial masjid seperti zakat, infaq, shodaqoh. Menjaga tradisi yang mengaitkan dengan syari’at dan ajaran agama Islam guna melestarikan budaya. Menjadi masyarakat biasa yang ikut serta dalam kegiatan lingkungan masyarakat. Modin juga melakukan interaksi antara pemerintah, kelompok, individu dengan cara bijaksana, agamis, sopan, mengayomi serta ramah tamah. 2. Tinjauan Hukum Islam terhadap peran modin, yatiu seperti pernikahan sirri, yang seharusnya tidak dilakukan walaupun sah secara agama tetapi tidak sah secara negara, karena itu akan berdampak pada pelaku pernikahan sirri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 07:01
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 07:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.