Pandangan Mediator Terhadap Intervensi Orang Tua dalam Konflik Rumah Tangga yang Berakhir pada Perceraian (Studi di Pengadilan Agama Serang)

Pratiwi, Nadya Nurul (2022) Pandangan Mediator Terhadap Intervensi Orang Tua dalam Konflik Rumah Tangga yang Berakhir pada Perceraian (Studi di Pengadilan Agama Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110078_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110078_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110078_BAB I.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img] Teks
S_HKI_181110078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_HKI_181110078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110078_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110078_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pernikahan merupakan sunnatullah yang berlaku pada semua makhluk Allah, baik manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Semua yang diciptakan Allah berpasang-pasangan dan berjodoh-jodohan, sebagaimana berlaku pada manusia. Jika pernikahan berjalan dengan baik, keluarga akan bahagia, damai, penuh kasih dan cinta akan secara otomatis terbentuk di dalam keluarga. Namun, dalam perjalanan suatu pernikahan, tidak lepas dari konflik kecil maupun berat dan bahkan berujung pada perceraian. Salah satu penyebab perceraian yang sering terjadi di masyarakat adalah perceraian akibat campur tangan orang tua atau mertua dalam keluarga anak. Hal ini menyebabkan ketidakharmonisan antara anak dan orang tua. Ikut campur orang tua dalam rumah tangga anak memang sering terjadi dalam kehidupan, karena orang tua tersebut merasa menjadi orang tua dari anak tersebut sehingga ikut campur dalam rumah tangga anaknya. Rumusan masalah penelitiannya adalah 1. Bagaimana efek campur tangan orang tua terhadap konflik pasangan suami istri. 2. Bagaimana pendapat Mediator Pengadilan Agama Serang tentang campur tangan orang tua dalam urusan rumah tangga pasangan suami istri. Tujuan penelitiannya adalah. 1. Untuk mengetahui bagaimana efek campur tangan orangtua terhadap terjadinya konflik pasangan suami istri. 2. Untuk mengetahui bagaimana pendapat mediator Pengadilan Agama Serang tentang campur tangan orang tua dalam urusan rumah tangga pasangan suami istri. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat lapangan yang menggunakan pendekatan ke tempat penelitian. Data yang diperoleh penulis melalui observasi dan survei ke tempat penelitian serta wawancara dengan hakim dan mediator Pengadilan Agama Serang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Pengaruh intervensi orang tua tidak selalu membawa hal-hal positif tetapi juga membawa hal-hal negatif bagi rumah tangga anak-anaknya. Akan tetapi, intervensi orang tua dalam rumah tangga anaknya hanya dalam membimbing dan memberikan nasehat saja. Bukan berarti mencampuri urusan rumah tangga anak-anak mereka. Artinya ketika anak ini dinikahkan, berarti anak tersebut dikatakan telah dewasa dan orang tua tentunya tidak mempunyai kewajiban terhadap anaknya. 2. Menurut Mediator Pengadilan Agama Kelas 1A Serang, faktor yang menyebabkan orang tua ikut campur dalam urusan keluarga suami istri adalah, suami istri tinggal bersama orang tuanya, mengakibatkan orang tua ikut mengatur kehidupan rumah tangga anaknya baik dari segi ekonomi maupun gaya hidup serta pasangan suami istri yang selalu menceritakan masalah keluarga kepada orang tuanya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Intervensi, Rumah Tangga, Perceraian
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.33 Putusnya perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 07:06
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.