Persepsi Pengantin Perempuan tentang Pernyataan Ta'lik Taak Sesudah Akad Nikah (Studi Kasus di Desa Mekar Kondang Kec. Sukadiri Kab. Tangerang-Banten)

Setiawati, Tuti (2022) Persepsi Pengantin Perempuan tentang Pernyataan Ta'lik Taak Sesudah Akad Nikah (Studi Kasus di Desa Mekar Kondang Kec. Sukadiri Kab. Tangerang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_131100302_COVER.pdf

Download (73kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_131100302_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (459kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_131100302_BAB I.pdf

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_131100302_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_HKI_131100302_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_HKI_131100302_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (115kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_131100302_BAB V.pdf

Download (74kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_131100302_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada saat perkawinan berlangsung, pasangan yang hendak menikah boleh bmengadakan perjanjian perkawinan termasuk juga perjanjian talik talak. Kopilasi Hukum Islam (KHI) menyebutkan bahwa talik talak adalah perjanjian yang diucapkan oleh suami atau pengantin pria setelah akad nikah berupa janji talak yang digantyungkan oleh suami kepada suatu keadaan tertentu yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan dtaang perjanjian talik talak bukan suatu perjanjian yang wajib diadakan dalam senuah perkawinan, tetapi sekali talik talak sudah diperjanjikan makai a tidak dapat divcabut Kembali. Berangkat dari problematika tersebut penulis merumuskan permasalahan yang akan dibahas, yaitu: 1. Apa persepsi pengantin perempuan tentang talik talak untuk mempertahankan dan memutuskan hubungan perkawinan?? 2. Bagaimana kedudukan dan hak istri sebagai akibat dari talik talak? Adapun manfaat penelitian yaitu : 1. Untuk mengetahui Apa persepsi pengantin perempuan tentang talik talak untuk mempertahankan dan memutuskan hubungan perkawinan?? 2. Untuk mengetahui Bagaimana kedudukan dan hak istri sebagai akibat dari talik talak? Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dalam pendekatan penelitian penulis menggunakan pendekatan yuridis empiris yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan reproduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang dapat diambil dari skripsi ini adalah:1). Talik talak yang terjadi di desa Mekar kondang adalah talik talak yang dibacakan oleh suami setlah ijab kobul, biasanya tugas pencatat nikah menentukan pengantin pria untyuk membacakan sughattalik talak.2). msyarakat deka Mekar Kondang kurangf memahami mengenai sighat talik talak. Dikaranakan kuranya pengeathuan atau pemahaman mengenai sighat talik talak sehingga pengantin laki-laki nbanyak yang tidak membacakan sighat talik talak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pernikahan, Sighat Ta'lik Talak
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 07:13
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.