Praktik Hutang Beras Dibayar Padi di Masyarakat Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak)

Rasudin, Rasudin (2022) Praktik Hutang Beras Dibayar Padi di Masyarakat Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130110_COVER.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130110_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (321kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130110_BAB I.pdf

Download (402kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130110_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (223kB)
[img] Teks
S_HES_181130110_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
S_HES_181130110_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130110_BAB V.pdf

Download (202kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu bentuk muamalah yang diatur dalam ajaran Islam adalah masalah hutang piutang. Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin kompleksnya permasalahan manusia dalam memenuhi kebutuhannya sering terjadi ketidaksesuaian antara norma dan perilaku manusia. Pada praktik bermuamalah juga mengalami perubahan sehingga permasalahan-permasalahan baru bermunculan, seperti halnya praktik hutang piutang di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak. Kegiatan hutang piutang beras yang harus dibayar padi di Desa Cikaret merupakan kegiatan yang cukup penting untuk diteliti, karena tidak adanya kesamaan nilai dalam pengembalian barang yang dipinjam. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana praktik hutang beras dibayar padi di Masyarakat Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong?. 2) Bagaimana praktik hutang beras dibayar padi di Masyarakat Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong dalam perspektif hukum Islam? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan hutang piutang beras dibayar padi di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong. 2) Untuk mengetahui praktik utang beras dibayar padi di Masyarakat Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong dalam perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitian bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Adanya perjanjian hutang piutang antara pemilik toko dan petani, dan dengan barang yang dijadikan objeknya ialah beras. Beras tersebut akan dibayar dengan padi setelah musim panen. Kemudian apabila petani tidak bisa mengembalikan hutangnya pada saat panen maka pemilik toko akan memberikan kelonggaran waktu sampai panen berikutnya. 2) Utang piutang beras dibayar padi di Desa Cikaret Kec. Cigemblong tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan lebih besar mudharatnya dibandingkan dengan maslahatnya. Maslahat dari adanya hutang piutang beras ini adalah membantu meringankan beban para petani sehingga membantu juga proses penanaman padi, dan yang terpenting adalah terjalinnya silaturahmi antara petani dan pemilik toko beras. Mudharatnya dari hutang piutang beras dibayar padi ini untuk mencari keuntungan dan mengeksploitasi petani yang sedang kesusahan. Berdasarkan fiqih praktik hutang piutang beras ini merupakan unsur riba nasi’ah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa standar maslahat dan madharat dari pelaksanaan hutang piutang beras dibayar padi yang terjadi di Desa Cikaret Kec. Cigemblong Kab. Lebak lebih banyak madharatnya daripada maslahatnya. Tambahan yang disepakati pada awal akad itu adalah riba, dan riba sangat dilarang oleh ajaran Islam. Jenis riba tersebut adalah riba nasi’ah, yaitu suatu transaksi yang pembayarannya diakhirkan dengan takaran yang berbeda.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2022 02:14
Perubahan Terakhir: 12 Des 2022 02:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.