Tinjauan Hukum Islam Terhadap Strategi BMT dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus BMT Masjid Agung Serang)

Ainuridho, Ichsan (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Strategi BMT dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Kasus BMT Masjid Agung Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130145_COVER.pdf

Download (167kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130145_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (539kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130145_BAB I.pdf

Download (343kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130145_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (205kB)
[img] Teks
S_HES_171130145_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (464kB)
[img] Teks
S_HES_171130145_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130145_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130145_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Baitul Maal wat Tamwil merupakan Lembaga keuangan mikro syariah yang strategis dan fungsional dalam mengetahui konsep strategi yang digunakan pada BMT tersebut dalam pemberdayaan ekonomi umat. Selanjutnya dalam upaya memperoleh hasil secara mendalam dan memadai, penelitian ini difokuskan pada BMT Masjid Agung Serang. dan adapun titik penelitian ini di fokuskan kepada strateginya saja. Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka perumusan masalah pada penelitian adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana Potensi yang dimiliki BMT Masjid Agung Serang dalam pemberdayaan ekonomi umat? 2) Bagaimana Konsep strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan BMT Masjid Agung Serang? 3) Bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap strategi BMT yang dilakukan BMT Masjid Agung Serang? Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui potensi yang dimiliki BMT Masjid Agung Serang dalam pemberdayaan ekonomi umat. 2) Untuk mengetahui konsep strategi pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan BMT Masjid Agung Serang. 3) Untuk mengetahui Tinjauan hukum Islam terhadap strategi BMT yang dilakukan BMT Masjid Agung Serang. Penelitian ini mengambil studi kasus di BMT Masjid Agung Serang, metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan Teknik pemgumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menganalisa bahwa strategi melalui suatu Lembaga yang didirikanya yaitu BMT Masjid Agung Serang, kemudian sebuah pencapaian pelaksanaan strategi ini sangat dibutuhkan dan bertujuan untuk memudahkan terhadap masyarakat yang memberikan bantuan dana kepada para nasabah dalam mengindahkan pada aturan- aturan syari’at Islam karena BMT adalah salah satu Lembaga yang didalamya menggunakan prinsip-prinsip syari’ah. dengan demikian BMT Masjid Agung Serang telah berperan dalam pemberdayaan ekonomi umat dengan program keuangan berbasis syariah, dalam mengupayakan suatu program khusus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat demi kesejahteraan. oleh karena itu BMT untuk melakukan kemaslahatan bersama dan menerapkan konsep ekonomi Islam yang bebas bunga. Produknya berupa pembiayaan dengan sistem bagi hasil (Mudharabah), Jual beli (Murabahah), dan Tabungan Mudharabah. agar BMT dalam mencari nasabah dengan jemput bola yang dianggap efektif dalam membantu pedagang kecil yang sebelumnya tergantung dengan jasa rentenir. Kendala yang dihadapi BMT memiliki keterlambatan pembayaran bagi nasabah, kredit macet, serta pengembangan usaha BMT yang biasanya terkait akumulasi kebutuhan dana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2022 02:17
Perubahan Terakhir: 12 Des 2022 02:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.