Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sanksi (Denda) Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Kasus Perpustakaan Kampus UIN SMH Banten)

Sarrati, Alisa (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sanksi (Denda) Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Kasus Perpustakaan Kampus UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130212_COVER.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130212_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (482kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130212_BAB I.pdf

Download (477kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130212_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_HES_181130212_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_HES_181130212_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130212_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130212_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perpustakaan UIN SMH Banten merupakan perpustakaan pusat dari fasilitas kampus yang memberikan layanan serta melaksanakan administrasi, salah satu hak yang dimiliki mahasiswa yaitu meminjam buku di perpustakaan milik kampus dan merupakan suatu kewajiban bagi mahasiswa pula dalam mengembalikan buku tersebut. Setiap mahasiswa telah diberikan kartu perpustakaan sebagai alat untuk meminjam buku yang ada di perpustakaan, peraturannya tentu saja tidak akan terlepas dengan sanksi, sanksi yang digunakan di perpustakan pada umum nya ialah denda apabila terlambat mengembalikan buku sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana faktor-faktor penyebab terjadinya penerapan Sanksi (denda) pada perpustakaan UIN SMH Banten? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengenaan sanksi (denda) pada perpustakaan UIN SMH Banten ? Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif empiris dengan sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada kepala perpustakaan beserta staf dan salah satu mahasiswa yang pernah membayar denda diperpustakaan pusat UIN SMH Banten, data sekunder diperoleh dari buku-buku atau jurnal dan sumber lainnya yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kesimpulannya: 1) Pada faktor penyebab terjadinya penerapan sanksi denda ialah untuk ketertiban administrasi supaya peminjaman buku berjalan dengan lancar dengan diadakannya denda ini agar koleksi buku tetap stabil serta untuk memberikan kedisiplinan dalam peminjaman buku kepada mahasiswa yang bersangkutan. Sehingga bisa menjadikan para mahasiswa lebih tertib serta senantiasa selalu mentaati peraturan yang ada. khususnya dalam melaksanakan kewajibannya dalam mengembalikan buku yang telah dipinjam 2) Menurut tinjauan hukum Islam mengenai pengenaan sanksi denda di perpustakan UIN SMH Bantendiperbolehkan guna kemaslahatan mentaati peraturan yang ada dikampus, dan berkaitan dengan akad ariyah yaitu pinjam meminjam boleh mengambil manfaat asal tidak merusak zatnya, adapun mengenai tarif penerapan yang diberlakukan oleh perpustakaan ini sudah ditetapkan oleh MKRI ( Mentri Keuangan Republik Indonesia, pihak perpustakaan hanya menjalankan tugasnya sebagai pelaksana administrasi. Hukum pemberian sanksi (denda) kepada mahasiswa yang melanggar diberinya sanksi atas keterlambatan pengambalian buku di perpustakaan diperbolehkan (mubah), karena belum terdapat dalil yang melarangnya dan sudah sesuai dengan Fatwa DSNNo:17/DSN-MUI/IX/2000 bahwasannya sanksi dapat berupa denda sejumlah uang yang besarnya ditentukan atas dasar kesepakatan dan dibuat saat akad ditandatangani itu diperbolehkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.23 Perjanjian
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2022 06:29
Perubahan Terakhir: 12 Des 2022 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.