Analisis Pengelolaan Dana Tabungan IB Maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang

Santiah, Siti (2022) Analisis Pengelolaan Dana Tabungan IB Maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130097_COVER.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130097_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (973kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130097_BAB I.pdf

Download (275kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130097_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (312kB)
[img] Teks
S_HES_181130097_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_HES_181130097_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130097_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130097_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tabungan iB maslahah merupakan produk simpanan yang diperuntukan bagi perorangan, badan hukum atau badan usaha dengan menggunakan prinsip wadiah yadh dhamanah atau mudharabah muthlaqah yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan syarat yang telah disepakati. Adapun pengelolaan dana dalam setiap perbankan memiliki karakteristik yang berbeda, salah satunya dapat dilihat dari metode-metode pengalokasian dana bank melalui pendekatan The Pooled of Funds Approach, yakni konsep yang tidak membedakan sumber dana yang dapat dihimpun oleh bank baik secara kelompok maupun secara individu digabungkan menjadi satu dan pengalokasian dananya diutamakan untuk memenuhi kebutuhan dan menghasilkan pendapatan sesuai yang direncanakan tanpa melihat sumber dana yang digunakan. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana manajemen pengelolaan dana tabungan iB maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang. 2) Bagaimana analisis pengelolaan dana tabungan iB maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang ditinjau dari hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan dana tabungan iB maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang. 2) Untuk mengetahui bagaiamana analisis pengelolaan dana tabungan iB maslahah pada Bank BJB Syariah KC Serang ditinjau dari hukum Islam. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada pihak Bank BJB Syariah KC Serang, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa kualitatif dan bersifat induktif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Pengelolaan dana tabungan iB maslahah di bank BJB Syariah KC Serang terdapat beberapa tahapan, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan. Dari segi perencanaan, dana yang telah terkumpul akan dikelola dan disalurkan pada produk pembiayaan yang halal dan produktif. Pelaksanaan dalam pengelolaan dana tabungan iB maslahah menggunakan metode laba bersih atau disebut dengan istilah profit sharing. Sedangkan dalam hal pengawasan juga sudah cukup baik karena selalu mengadakan evaluasi setelah melaksanakan program kerja, baik harian, mingguan maupun bulanan sesuai dengan tugas dan fungsinya. 2) Pengelolaan dana tabungan ib maslahah di Bank BJB Syariah KC Serang menggunakan akad wadiah yadh-dhamanah dan mudharabah muthlaqah sudah sesuai dengan hukum Islam karena dana yang berasal dari tabungan akan dikelola dan disalurkan pada produk pembiayaan. Dalam Fatwa DSN No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan dijelaskan bahwa tabungan yang dibenarkan secara syariah yaitu tabungan yang berdasarkan akad mudharabah atau wadiah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:43
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 07:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.