Analisis Akad Ijarah dan Fatwa DSN MUI No. 24 Tahun 2017 Terhadap Endorsement sebagai Promosi Produk Melalui Media Sosial Instagram

Febrianti, Fitria (2022) Analisis Akad Ijarah dan Fatwa DSN MUI No. 24 Tahun 2017 Terhadap Endorsement sebagai Promosi Produk Melalui Media Sosial Instagram. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130013_COVER.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130013_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (516kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130013_BAB I.pdf

Download (385kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130013_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_HES_171130013_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_HES_171130013_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130013_BAB V.pdf

Download (177kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Media sosial Instagram saat ini banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka. Untuk menarik minat konsumen, pelaku usaha menggunakan berbagai macam promosi salah satu cara yang di gunakan dalam mempromosikan produk yaitu pemasaran melalui endorsement. Endorsement merupakan sebuah strategi dalam mempromosikan produk baik barang maupun jasa yang dilakukan melalui media sosial untuk menarik perhatian konsumen agar membeli suatu produk dengan menggunakan seorang selebriti. Namun sering kali endorser atau selebgram dalam mempromosikan produk tidak selaras dengan yang di review dan belum mengetahui secara jelas kualitas dari produk yang dipromosikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam peelitian ini merupakan: 1). Bagaimana praktik endorsement sebagai promosi produk melalui media sosial Instagram. 2). Bagaimana analisis akad Ijarah dan Fatwa DSN MUI No. 24 Tahun 2017 terhadap endorsement sebagai promosi produk melalui media sosial Instagram?. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui praktik endorsement sebagai promosi produk melalui media sosial Instagram. 2). Untuk mengetahui analisis akad Ijarah dan Fatwa DSN MUI No. 24 Tahun 2017 terhadap endorsement sebagai promosi produk melalui media sosial Instagram. Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach) dan pendekatan kasus (Case Approach). Sumber data yang digunakan adalah data primer dari pihak endorser serta data sekunder berupa buku, jurnal dan artikel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan di himpun melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik endorsement melalui media sosial Instagram yaitu pelaku usaha menghubungi pihak endorser melalui direct message, kemudian melakukan penawaran mengenai endorse. Selanjutnya, negosiasi mengenai ketentuan promosi dan upah. Jika sudah ada kesepakatan, pelaku usaha mengirimkan produk untuk kemudian dipromosikan oleh endorser melalui media sosial Instagram. Praktik endorsement melalui media sosial Instagram termasuk akad IjarahIjarah 'Amal, praktik endorsement yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan rukun dan syarat Ijarah. Sedangkan menurut ketentuan hukum pasal 4 dan 7 Fatwa MUI No. 24 Tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial, praktik endorsement yang dilakukan endorser belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam fatwa tersebut, karena endorser tidak jujur dalam mempromosikan produk sehingga membentuk opini tidak benar dengan menyebarkan informasi yang bohong dan hal tersebut dilarang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 03:38
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10598

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.