Pandangan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Skin dalam Game Mobile Legends

Kurniawan, Rizki (2022) Pandangan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Skin dalam Game Mobile Legends. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130036_COVER.pdf

Download (114kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130036_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (433kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130036_BAB I.pdf

Download (410kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (264kB)
[img] Teks
S_HES_171130036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_HES_171130036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (440kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130036_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu yang menjadi latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah jual beli skin yang terjadi secara online dalam sebuah aplikasi game yaitu Mobile Legends, yang dilakukan secara draw. Jual beli dengan cara ini yaitu jual beli yang sudah dijelaskan definisi dari skin yang dijual namun harga dari skin yang dijualnya belum dapat dipastikan, karena untuk mendapatkan skin tersebut harga yang tertera belum mewakili harga pasti dalam membeli skin tersebut. Dari latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana proses jual beli skin dalam aplikasi game Mobile Legends? dan Bagaimana pandangan hukum Islam dalam jual beli skin pada aplikasi game Mobile Legends? Kemudian penelitian ini ditulis oleh penulis dengan tujuan untuk. Mengetahui proses dan cara mendapatkan skin pada aplikasi game Mobile Legends. Baik yang diperoleh secara gratis, beli, maupun pembelian dengan cara draw yang terdapat pada game Mobile Legends. Kemudian untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang akad jual beli skin pada aplikasi game Mobile Legends. Terutama pada pembelian skin yang cara pembelianya menggunakan sistem draw pada game Mobile Legends tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu analisis deskriptif, yang tidak keluar dari sampel yang diperoleh oleh penulis untuk melakukan sebuah perbandingan. Kemudian data yang diperoleh seperti jurnal, artikel dan data sekunder yang penulis dapatkan dari dokumen, buku-buku, dan literatur-literatur lainya. Dari beberapa dokumen yang penulis peroleh dan berkaitan dengan penelitian ini, sehingga dapat dijadikan sebuah referensi dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah proses ataupun cara membeli atau mendapatkan skin dalam game Mobile Legends. Cara memperoleh skin dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu, pertama, adalah mendapatkanya dengan cara yang gratis yaitu dengan menyelesaikan tantangan yang disediakan oleh pihak game Mobile Legends. Yang kedua, yaitu dengan cara membelinya langsung dalam aplikasi game Mobile Legends nya langsung sama seperti ketika membeli pada aplikasi e-comerce umumnya. Yang ketiga, yaitu dengan cara draw, cara memperoleh skin dengan cara ini yaitu dengan melakukan spin pada event yang tersedia dalam game Mobile Legends. Dimana harga dari skin yang diperoleh secara draw ini tidak pasti, karena harga yang terlihat pertama kali berbeda dengan harga ketika memperoleh skin tersebut. Kemudian menurut hukum Islam bahwa bermain game dihukumi boleh jika tidak berlebih-lebihan. kemudian hukum jual belinya. Menurut Imam Syafi’I jual beli yang rukun dan syaratnya sudah terpenuhi maka hukumnya sah, dan jual beli yang rukun dan syaratya belum terpenuhi maka hukumnya tidak sah. Jual beli yang memiliki ketidakpastian disebut juga dengan gharar. Sama halnya dengan jual beli skin dengan sistem draw ini karena harga dari skin yang dibeli belum pasti dan tidak jelas harganya berapa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Skin (Kostum Hero), Draw (Mengundi)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Des 2022 08:42
Perubahan Terakhir: 08 Des 2022 08:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10597

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.