Eksekusi Jaminan Fidusia dalam Akad Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Indonesia Ditinjau dari DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily (Studi Kasus di BSI KCP Serang A. Yani)

Supriyatin, Ella (2022) Eksekusi Jaminan Fidusia dalam Akad Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Indonesia Ditinjau dari DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily (Studi Kasus di BSI KCP Serang A. Yani). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130122_Cover.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130122_Lampiran Depan.pdf

Download (124kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130122_BAB I.pdf

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130122_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (57kB)
[img] Teks
S_HES_171130122_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (133kB)
[img] Teks
S_HES_171130122_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (69kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130122_BAB V.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130122_Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam suatu pembiayaan sering terjadi adanya wanprestasi atau cidera janji. Eksekusi pada pembiyaan murabahah disertai jaminan fidusia karena tidak mampu mengembalikan dana karena beberapa masalah itu harus dengan prosedur dan prinsip Syariah Islam. Dalam penelitian ini masih ada proses yang diindikasi tidak sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku. Yaitu dalam penetapan biaya pemeliharaan terhadap dokumen akta fidusianya pada pembiayaan murabahah. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana pemberian jaminan fidusia di BSI KCP Serang A. Yani? 2) Bagaimana pelaksanaan eksekusi terhadap jaminan fidusia apabila debitur terjadi wanprestasi di BSI KCP Serang A. Yani? 3) Bagaimana perspektif DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily mengenai Jaminan Fidusia di BSI KCP Serang A. Yani? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemberian jaminan fidusia di BSI KCP Serang A. Yani. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan eksekusi terhadap jaminan fidusia apabila debitur terjadi wanprestasi di BSI KCP Serang A. Yani. 3) Untuk mengetahui Perspektif DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily mengenai Jaminan Fidusia di BSI KCP Serang A. Yani. Metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian normativ-empiris. penelitian normatife bisa disebut sebagai penelitian hukum doktrinal, sedangkan penelitian empiris disebut juga penelitian lapangan. Dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari skripsi ini adalah: 1) Pemberian jaminan fidusia pada pembiayaan BSI KCP Serang A. Yani menggunakan beberapa tahapan dalam pengikatan jaminan fidusia pada produk BSI Oto yaitu nasabah membeli kendaraan melalui sales input collage, kemudian dianalisa oleh pihak Bank. Setelah adanya keputusan pimpinan maka akan diterbitkan Surat Penawaran Pembelian Pembiayaan untuk diberitahukan kepada nasabah. Selanjutnya order ke notaris untuk mengurus fidusianya. 2) Pelaksanaan eksekusi terhadap jaminan fidusia apabila debitur terjadi wanprestasi yaitu ada beberapa tahapan yaitu melakukan call kepada nasabah, Memberikan Surat Peringatan (SP) atau somasi sebanyak 3 (tiga) kali, Melakukan kunjungan untuk win solution. Adapun upaya terhadap nasabah yang mengalami wanprestasi dengan melakukan Restrukturisasi, Jika nasabah masih belum koperatif maka BSI akan melakukan eksekusi dengan cara penjualan dibawah tangan. 3) Perspektif DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily mengenai Jaminan Fidusia di BSI KCP Serang A. Yani bahwasannya ada beberapa ketentuan yang telah sesuai. Adapun yang belum sesuai yaitu pada biaya pemeliharaan dokumen jaminan yag diterapkan oleh BSI KCP Serang A. Yani yaitu menentukan besar biaya pemeliharaan dengan perhitungan biaya secara keseluruhan dengan jumlah hutang dan biaya yang dibebankan kepada debitur seperti biaya notaris dan biaya pemeliharaan barang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 03:55
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.