: Sistem Jual Beli Izin Pakai Kios di Pasar Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Pasar Sukajaya Kecamatan Carenang)

Astuti, Widiya (2022) : Sistem Jual Beli Izin Pakai Kios di Pasar Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Pasar Sukajaya Kecamatan Carenang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130113_COVER.pdf

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130113_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (347kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130113_BAB I.pdf

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (42kB)
[img] Teks
S_HES_181130113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_HES_181130113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130113_BAB V.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pasar Sukajaya adalah salah satu pasar tradisional di Carenang, di Pasar ini terdapat 64 kios yang masing-masimg memiliki surat izin pakai kios. Munculnya masalah yang dilakukan pedagang dengan berbagai alasan, karena sudah tidak minat berjualan lagi, hingga ada yang melanggar guna memperoleh keuntungan tersendiri. Hal ini telah melanggar perjanjian awal yang sudah dibuat yaitu izin pakai kios yang didapat dari PD. Pasar Sukajaya yang dimana tidak boleh dipindahtangankan, dijual atau disewakan kembali. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana mekanisme jual beli izin pakai kios di pasar Sukajaya Kecamatan Carenang? 2) Bagaimana mekanisme jual beli izin pakai kios di pasar Sukajaya Kecamatan Carenang Persepektif Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui mekanisme jual beli izin pakai kios di pasar Sukajaya Kecamatan Carenang. 2) Untuk mengetahui mekanisme jual beli izin pakai kios di pasar Sukajaya Kecamatan Carenang Persepektif Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan, menjabarkan, dan menggambarkan yang ada, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Untuk menjawab masalah tersebut maka teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari ketiga keknik tersebut, maka data yang diperoleh penelitian akan dianalisis ke dalam perspektif hukum ekonomi syariah secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Mekanisme mendapatkan surat izin pakai kios ini terlebih dahulu mengajukan kepada pihak PD. Pasar Sukajaya sebagai perusahaan yang bertanggung jawab atas pengelolaan pasar. Surat izin pakai kios ini yang ada dalam Peraturan Daerah Kabupaten Serang Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Pengolaan Pasar dan Pemakaian tempat berjualan dan Fasilitas lain Pasal 23 yang disebut sebagai hak sewa yang tidak diboleh dipindahtangankan, disewakan ataupun di jual belikan, akan tetapi masih banyak oknumpedagang yang memperjual belikan izin pakai kios tersebut dikarnakan alasan pribadi meskipun dari pihak Pd. Pasar Sukajaya akan memberikan sanksi yaitu akan dicabutnya hak izin pakai kios tersebut apabila ketahuan melanggar peraturan dan perjanjian yang sudah berlaku. 2) Mekanisme jual beli izin pakai kios ini menurut perspektif hukum ekonomi syariah tidak dapat dikatakan sah, karena tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli yang menimbulkan kerugian. Baik kerugian untuk pihak PD. Pasar Sukajaya maupun pedagang yang menjual ataupun membeli kios tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Izin Pakai, Kios Pasar
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:10
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 07:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.