Analisis Pengaruh Produk Asuransi Syariah Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Berasuransi Syariah (Studi Kasus Pada Desa Suradita, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang)

Dewiyanti, Arini (2022) Analisis Pengaruh Produk Asuransi Syariah Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Berasuransi Syariah (Studi Kasus Pada Desa Suradita, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430019_COVER.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430019_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (450kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430019_BAB I.pdf

Download (572kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430019_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_AS_181430019_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_AS_181430019_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430019_BAB V.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430019_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Asuransi adalah salah satu solusi yang dapat membantu mengatasi resiko yaitu dengan membagi dan mengalihkan risiko tersebut kepada pihak lain. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang pengetahuan mengenai produk-produk Asuransi syariah mempengaruhi minat masyarakat untuk mengikuti asuransi syariah. Selain dari sisi produk-produk Asuransi ada beberapa faktor yang memengaruhi minat masyarakat untuk memilih asuransi syariah, salah satunya adalah faktor religiusitas. Semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang maka semakin seseorang itu mematuhi aturan-aturan agamanya, salah satunya dengan mengikuti asuransi yang sesuai dengan prinsip syariah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah produk asuransi syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat berasuransi syariah ?, apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat berasuransi syariah ? dan seberapa besar pengaruh produk asuransi syariah dan religiusitas terhadap minat masyarakat berasuransi syariah ? Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui apakah produk asuransi syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat berasuransi syariah, untuk mengetahui apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat berasuransi syariah, dan seberapa besarkan pengaruh produk asuransi syariah dan religiusitas terhadap minat masyarakat berasuransi syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang dibagikan kepada sebagian masyarakat Desa Suradita, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini sampel digunakan sebanyak 80 jiwa. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu sebelum dilakukan uji-uji selanjutnya dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel produk asuransi syariah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat berasuransi syariah , Variabel religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berasuransi syariah. Selain itu, Variabel produk asuransi syariah dan religiusitas bersama-sama berpengaruh kuat terhadap minat masyarakat berasuransi syariah sebesar 54,2%

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Produk Asuransi Syariah, Religiusitas dan Asuransi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:12
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 07:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.