Strategi Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Narapidana (Studi di Pondok Pesantren At Taubah Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang)

Putri, Rovita Rizkiana (2022) Strategi Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Narapidana (Studi di Pondok Pesantren At Taubah Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330075_COVER.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330075_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (663kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330075_BAB I.pdf

Download (261kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_161330075_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
S_KPI_161330075_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (389kB)
[img] Teks
S_KPI_161330075_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (562kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330075_BAB V.pdf

Download (205kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_161330075_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tingginya angka kejahatan dan kriminalitas di era globalisasi seperti saat ini tidak bisa dihindarkan. Perilaku menyimpang tersebut akhirnya harus mengantarkan seseorang untuk tinggal dibalik jeruji besi didalam Lembaga Pemasyarakatan akibat dari perbuatan yang menyimpang dari ketentuan hukum yang ada. Kendati demikian, dibuatlah suatu lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren di dalam Lembaga Pemasyarakatan yang fokus dalam membina narapidana, sehingga diharapkan akan membimbing narapidana ke arah yang lebih baik. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan narapidana di Pondok Pesantren At-Taubah? 2) Bagaimana strategi dakwah yang digunakan Pondok Pesantren At-Taubah dalam upaya pembinaan akhlak narapidana? 3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat efektivitas dakwah dalam upaya pembinaan akhlak narapidana?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pembinaan narapidana yang dilakukan Pondok Pesantren At-Taubah. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan oleh Pondok Pesantren At-Taubah dalam upaya pembinaan akhlak narapidana. 3) Untuk mengetahui faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat efektivitas dakwah dalam upaya pembinaan akhlak narapidana di Pondok Pesantren At-Taubah. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan mulai tanggal 13 Juni 2019. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 12 orang (8 santri, 2 Ustadz, 1 Pengasuh, 1 Petugas). Adapun hasil temuan yang didapatkan bahwa proses pembinaan narapidana dilakukan melalui beberapa aktivitas, 1) Pembinaan dalam upaya penguatan keagamaan dengan melakukan berbagai aktivitas ibadah secara vertikal (ibadah yang dilakukan seorang hamba kepada Tuhannya), 2) Pembinaan Sosial dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat menunjang hubungan horizontal (hubungan dengan sesama manusia), juga dilakukan berbagai pelatihan guna menunjang kreativitas dan keterampilan narapidana. Tiga strategi al-Bayanuni juga diterapkan Pondok Pesantren dalam melakukan pembinaan yaitu strategi sentimental (al-manhaj al-„athifi), Strategi rasional (al-manhaj al-„aqli), Strategi indrawi (al-manhaj al-hissi). Adapun faktor pendukung adalah adanya dukungan dari keluarga, adanya da‟i, adanya fasilitas yang mendukung. Faktor penghambat adalah narapidana yang terkadang susah dibina, kurangnya tenaga pengajar, kurang efektifnya jadwal yang ada.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Dakwah, Pembinaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:13
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.