Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Keterampilan oleh Yayasan Sanggar Seruling di Kota Cilegon

Rosadha, Uzieka Arsiya (2022) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Keterampilan oleh Yayasan Sanggar Seruling di Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530050_COVER.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530050_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (390kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530050_BAB I.pdf

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530050_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (326kB)
[img] Teks
S_PMI_181530050_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (617kB)
[img] Teks
S_PMI_181530050_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530050_BAB V.pdf

Download (207kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530050_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Yayasan Sanggar Seruling di kota Cilegon adalah sebuah tempat atau wadah yang berperan sebagai lembaga yang memberikan pelatihan dan pendidikan untuk masyarakat agar dapat diberdayakan untuk memberantas kemiskinan dan pengangguran yang ada di Kota Cilegon. Berdasarkan latar belakang yang di atas, maka rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1) Apa saja program pelatihan keterampilan yang ada di Yayasan Sanggar Seruling? 2) Bagaimana peran pemerintah kota Cilegon dalam melakukan pemberdayaan masyarakat bersama Yayasan Sanggar Seruling? 3) Bagaimana dampak program pelatihan dan keterampilan oleh Yayasan Sanggar Seruling Kota Cilegon terhadap masyarakat? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui program pelatihan keterampilan yang ada di Yayasan Sanggar Seruling. 2) Untuk mengidentifikasi peran pemerintah kota Cilegon dalam melakukan pemberdayaan masyarakat bersama Yayasan Sanggar Seruling. 3) Untuk mengetahui dampak program pelatihan dan keterampilan oleh Yayasan Sanggar Seruling Kota Cilegon terhadap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian yang didasari oleh fakta di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa banyak terjadinya dampak sosial yang bermacam-macam jenisnya mulai dari kriminalitas, kemiskinan, kesenjangan sosial, kekerasan, dan banyaknya pengangguran. Maka dari itu Pemerintah Kota Cilegon melakukan strategi pemberdayaan masyarakat dengan cara menyelenggarakan pendidikan non formal bagi masyarakat yang tidak mampu. Yayasan Sanggar Seruling mempunyai empat program yaitu pelatihan MC, penyiaran radio, public speaking, dan tari tradisional. Adapun dampak dari program pelatihan keterampilan oleh Yayasan Sanggar Seruling ialah terpenuhinya segala kebutuhan ilmu pengetahuan, keterampilan atau skill dan produktivitas kerja, lalu masyarakat mampu bersaing di dalam dunia industri sehingga membuat masyarakat berdaya dan sejahtera.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan, Keterampilan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 07:31
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.