Peran Komunitas Lumayan Itung-Itung Nunggu Tutup Usia (Lumintu) dalam Memberdayakan Masyarakat Lansia Melalui Pembuatan Kerajinan Tangan dari Sampah Plastik

Parwati, Meylita Dwi (2022) Peran Komunitas Lumayan Itung-Itung Nunggu Tutup Usia (Lumintu) dalam Memberdayakan Masyarakat Lansia Melalui Pembuatan Kerajinan Tangan dari Sampah Plastik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380007_Cover.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380007_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380007_BAB I.pdf

Download (365kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_171380007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_PMI_171380007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (206kB)
[img] Teks
S_PMI_171380007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380007_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380007_Daftar Pustaka.pdf

Download (984kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kesejahteraan sosial masyarakat dapat dicapai melalui usaha yang terencana. Apabila kesejahteraan sosial mengalami kegagalan disitulah adanya kesenjangan sosial. Mengatasi permasalahan kesenjangan sosial dapat melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh fasilitator untuk membangun masyarakat mandiri dan inovatif. Pemberdayaan tidak akan berjalan apabila tanpa partisipasi dari masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu Komunitas Lumintu hadir sebagai fasilitator dalam pemberdayaan untuk masyarakat lansia. Komunitas Lumintu memiliki program yang dilakukan oleh lansia yaitu kegiatan menganyam limbah sampah plastik menjadi kerajinan tangan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kondisi masyarakat Lanjut Usia di Ciledug Kota Tangerang? 2). Bagaimana Komunitas Lumintu memberdayakan masyarakat Lanjut Usia? 3). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Lanjut Usia? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1). Untuk mengetahui kondisi masyarakat Lanjut Usia di Ciledug Kota Tangerang. 2). Untuk menjelaskan pemberdayaan yang dilakukan Komunitas Lumintu dalam memberdayakan masyarakat Lanjut Usia. 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Lanjut Usia. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena saya ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunitas lumintu memiliki program menganyam limbah sampah plastik, komunitas lumintu berdiri sejak tahun 1998, dengan Slamet Riyadi sebagai pendiri. Adanya komunitas lumintu telah membuka lapangan pekerjaan bagi para lanjut usia.Kegiatan tersebut dilakukan oleh para lanjut usia hingga saat ini tahun 2021. Namun, kegiatan tersebut sedang mengalami penurunan, dari segi penghasilan dan kekuatan fisik lanjut usia. Adapun faktor pendukung lansia yang sudah memiliki keahlian mengayam, adanya donasi dan lingkungan yang tidak keberatan dengan pemberdayaan yang dilakukan. Faktor penghambat kurangnya kesadaran pemerintah, kurangnya sarana prasarana, minimnya minat pembeli dari dalam negeri, kesehatan para lansia yang menurun, pengarsipan data komunitas lumintu, kurangnya pemasaran melalui media sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesejahteraan Sosial, Pemberdayaan, Lansia, Komunitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:18
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.