Peran Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) Cilegon dalam Memberdayakan Penyandang Disabilitas Tunanetra di Perumnas Cibeber Kota Cilegon

Febriyanah, Firda Fauziyyah (2022) Peran Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) Cilegon dalam Memberdayakan Penyandang Disabilitas Tunanetra di Perumnas Cibeber Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380050_Cover.pdf

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380050_Lampiran Depan.pdf

Download (372kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380050_BAB I.pdf

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_171380050_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (402kB)
[img] Teks
S_PMI_171380050_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (199kB)
[img] Teks
S_PMI_171380050_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (197kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380050_BAB V.pdf

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380050_Daftar Pustaka.pdf

Download (808kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pertuni merupakan suatu wadah organisasi yang bergerak dalam kegiatan sosial untuk memberdayakan penyandang disabilitas tunanetra yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk wilayah Banten terbagi menjadi dua yaitu: pertuni Kota Cilegon, Serang Banten. Dalam Pertuni Cilegon terdapat beberapa program pemberdayaan diantaranya: pendidikan, sosial, psikologi, keterampilan, dan mengaji dari beberapa program kegiatan yang ada penelitian ini memfokuskan pada program pemberdayaan keterampilan skill dan program mengaji bagi penyandang disabilitas tunanetra Kota Cilegon Banten Rumusan masalah dalam studi kasus penelitian ini ialah: 1) bagaimana kondisi umum dari penyandang disabilitas tunanetra Kota Cilegon 2) Bagaimana peran Pertuni dalam memberdayakan penyandang disabilitas tunanetra di Kota Cilegon. 3) Faktor apa saja yang pendukung dan penghambat pada program pemberdayaan tersebut? Penelitian ini penulis, bertujuan untuk memaparkan hasil analisis yang bersifat deskriptif, untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada di lokasi penelitian, disertai teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan rekaman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kondisi umum penyandang disabilitas tunanetra, terdapat beberapa aspek yakni: kondisi pendidikan rata-rata penyandang disabilitas tunanetra Kota Cilegon hanya tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA), dari jumlah keseluruhan yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri hanya 4% saja. Selebihnya sebagian besar dari mereka, putus sekolah, karena dari latar belakang, faktor ekonomi dan fisik. 2) Peran Pertuni Cilegon sebagai agent of change yaitu, pembawa perubahan bagi penyandang disabilitas tunanetra, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui tahap pemberdayaan untuk mencetak kehidupan mandiri bagi penyandang disabilitas tunanetra Kota Cilegon. 3) terdapat beberapa faktor pendukung program pemberdayaan yakni: pertama, relawan atau guru pendamping. Kedua, fasilitas umum sarana prasarana, dan sumber dana Selain itu, faktor penghambat dalam program pemberdayaan pertama aksesbilitas transportasi, Kedua faktor cuaca, sarana fasilitas area umum yang kurang memadai, DPC Pertuni Kota Cilegon ditujukan untuk dapat memperoleh kesetaraan hak mengembangkan bakat dalam meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas tunanetra Kota Cilegon.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pertuni Cilegon, Pemberdayaan, Disabilitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:23
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.