Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pembuatan Nugget di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang

Azkiya, Rizka Azkal (2022) Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Pembuatan Nugget di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530031_COVER.pdf

Download (110kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530031_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (530kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530031_BAB I.pdf

Download (289kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_PMI_181530031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img] Teks
S_PMI_181530031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (252kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530031_BAB V.pdf

Download (84kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada era sekarang peran perempuan dalam domestik dapat membantu suami dalam meningkatkan perekonomian keluarga, perempuan dapat memiliki penghasilan tambahan supaya perekonomian keluarga tidak bergantung pada penghasilan suami. Oleh karenanya untuk mencapai hal tersebut, perempuan harus berdaya dan memiliki kemampuan yang menghasilkan. Pemberdayaan perempuan adalah kegiatan memberdayakan perempuan dalam mengoptimalkan potensi. Pemberdayaan perempuan harus terencana dengan baik. Oleh sebab itu, Griya Berbagi memiliki program pemberdayaan perempuan berbasis ekonomi dengan berharap peran seorang istri dapat membantu perekonomian keluarganya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Griya Berbagi dalam memberdayakan perempuan di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang? 2) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan melalui program pelatihan pembuatan nugget oleh Griya Berbagi? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat Griya Berbagi dalam memberdayakan masyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mengetahui peran Griya Berbagi dalam memberdayakan perempuan di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. 2) Untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan melalui program pelatihan pembuatan nugget oleh Griya Berbagi. 3)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Griya Berbagi dalam memberdayakan masyarakat. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena saya ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat iii penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Griya Berbagi melaksanakan program pemberdayaan perempuan melalui kegiatan pelatihan pembuatan nugget di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Target kegiatan pelatihan yang dipilih Griya Berbagi adalah kaum perempuan yang berada pada taraf perekonomian rendah. Pelaksanaan program pemberdayaan pelatihan pembuatan oleh Griya Berbagi mendatangkan pelatih yang berpengalaman di bidang pemberdayaan. Peserta pelatihan mendapatkan arahan soal peningkatan ekonomi melalui wirausaha, cara membuat produk nugget, dan cara memasarkan produk nugget secara manual dan digital. Masyarakat merasakan manfaat dari program pemberdayaan yaitu manfaat sosial dan manfaat ekonomi. Adapun faktor pendukung dari program tersebut adalah: antusias masyarakat mengikuti program pemberdayaan dan dukungan pemerintah setempat, serta bantuan donatur mitra kerja. Adapun faktor penghambat yaitu: pemasaran produk dengan memanfaatkan sosial media dan terlambatnya izin peredaran BPOM dan pendaftaran produk halal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perempuan, Pemberdayaan, Nugget
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:24
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.