Peran Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Lingkungan Jagarayu Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang-Banten

Anisa, Anisa (2022) Peran Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Lingkungan Jagarayu Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530032_COVER.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530032_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (334kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530032_BAB I.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530032_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img] Teks
S_PMI_181530032_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (543kB)
[img] Teks
S_PMI_181530032_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (574kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530032_BAB V.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (860kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kampung Keluarga Berkualitas (KB) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah kependudukan dan sebagai wadah pembinaan menuju keluarga yang sejahtera. Di Kota Serang Banten terdapat 7 Kampung KB yang di antaranya berada di Lingkungan Jagarayu, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya. Kampung KB tersebut turut berperan penting untuk menyukseskan program bina keluarga dan lintas sektor. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan kondisi umum Kampung KB Lingkungan Jagarayu Kelurahan Gelam. 2). Untuk menguraikan program-program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Lingkungan Jagarayu Kelurahan Gelam. 3). Untuk menjelaskan penerapan program-program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dalam pembinaan kesejahteraan keluarga di Lingkungan Jagarayu Kelurahan Gelam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana hasil dari penelitian berbentuk data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang berasal dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang telah didapat dari penelitian adalah bahwa masyarakat Gelam khususnya di Jagarayu termasuk ke dalam kelompok keluarga dengan tingkat pra sejahtera, keluarga sejahtera I dan II sehingga sesuai untuk diadakan pembinaan. Kampung KB memiliki 4 (empat) cakupan yang berkaitan dengan konsep pengembangan masyarakat yaitu: 1) Adanya perencanaan kegiatan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat. Kampung KB Jagarayu lebih berfokus pada program KKBPK, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) berupa usaha rumahan ibu-ibu, dan pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai kegiatan lintas sektor. 2) Terdapat bantuan teknis yang mendukung berjalannya program, yaitu sarana dan prasarana yang tersedia di Kampung KB Jagarayu. 3) Terdapat tenaga ahli sebagai suksesor yang membantu mengarahkan program, dalam hal ini pemangku kebijakan dan kader Kampung KB. 4) Terdapat timbal balik berupa partisipasi dan antusiasme dari masyarakat terhadap pembinaan yang dilakukan. Pelaksanaan program yang ada di Kampung KB Jagarayu terbilang cukup baik dikarenakan banyak partisipan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kampung KB.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kampung KB, Kesejahteraan Keluarga, Pembinaan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2022 06:58
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10545

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.