Negeri Para Nabi dalam AlQur’an (Kajian Tematik)

Rohmatallah, Syahru (2022) Negeri Para Nabi dalam AlQur’an (Kajian Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_181320007_Cover.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_Lampiran Depan.pdf

Download (708kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (506kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (871kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (342kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Teks
S_IAT_181320007_Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstrak

Al-Qur'an menceritakan banyak peristiwa masa lalu.“Beberapa cerita belum terbukti kebenarannya, tetapi yang lain telah dibuktikan melalui penelitian arkeologi. Al-Quran menceritakan banyak kisah dari masa lalu yang terjadi pada zaman Nabi sebelumnya seperti yang dilihat oleh Nabi Muhammad. Bahkan ada cerita berlatar negeri yang mengandung pelajaran yang di ambil dari penyebutan negeri nabi dan menjadi saksi hidup negeri melalui sejarahnya yang gemilang. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Makna negeri dalam Al-quran? 2). Negeri mana saja yang di tempati para Nabi? 3). Apa pelajaran yang di ambil dari negeri para Nabi? adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui makna negeri dalam Al-quran, 2). Mengetahui negeri- negeri yang di tempati para Nabi. 3). Mengetahui pelajaran yang di ambil di negeri para Nabi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu mencari dan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan yakni terdiri dari data Primer dalam penelitian ini adalah kitab tafsir al-Misbah karya Quraisy Sihab tafsir al-Azhar karya Buya Hamka,Tafsir ibnu katsir karya Ismail Bin Umar bin Katsir al-Qursyiad-Damasyqi, Tafsir Shafwatu al-Tafasir karya Ali Muhammad Ali Shabuni Sedangkan sumber sekunder adalah buku-buku, skripsi, artikel, jurnal dan yang berkaitan atas tema yang dibahas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Kata negeri digunakan dalam Al-qur‟an, terdapat beberapa kata yang setara antara lain al-balad dan al- kqoryah. Al-Baladu atau al-Baldatu adalah setiap tempat atau satuan wilayah yang tertentu baik dibawah suatu kekuasaan pemerintahan atau tidak, kosong ataupun berpenghuni. Qaryah adalah kata yang digunakan untuk menunjukan daerah tempat berkumpulnya masyarakat serta masyarakat yang tinggal di sana. Negeri yang di tempati para nabi negeri Mekkah, Madinah, Mesir, Palestina, Saba‟Iram, Hijr, dan Madyan. Pelajaran dari negeri para nabi diberi kenikmatan malah negeri tersebut kufur nikmat dan tidak mau bersykur, mendustakan rasul, kaumnya berbuat kezaliman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, Negeri, Nabi
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.6 Cerita-cerita dari Al Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 07:49
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 07:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10531

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.