Penerapan Bimbingan Rohani Islam untuk Memotivasi Beragama pada Anak Korban Perceraian (Study Kasus di Kampung Cimangpang Desa Panggarangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

Saptiah, Tati (2022) Penerapan Bimbingan Rohani Islam untuk Memotivasi Beragama pada Anak Korban Perceraian (Study Kasus di Kampung Cimangpang Desa Panggarangan Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_ 181520071_COVER.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_ 181520071_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (402kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_ 181520071_BAB I.pdf

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_ 181520071_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img] Teks
S_BKI_ 181520071_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (269kB)
[img] Teks
S_BKI_ 181520071_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_ 181520071_BAB V.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_ 181520071_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perceraian merupakan keputusan terakhir pasangan suami istri untuk saling meninggalkan, baik meninggalkan kewajibannya sebagai suami istri maupun meninggalkan peran sebagai suami, istri, orangtua akibat dari kegagalan keluarga yang mereka bimbing. Bagi anak-anak yang belum mengerti maksud dari “perceraian” mereka mungkin sering bertanya-tanya kenapa kedua orangtua mereka tidak pernah bersama-sama lagi. Mereka hanya menuruti apa yang diucapkan oleh orangtuanya. Bagi seorang remaja yang dalam keadaan emosinya masih sangat labil, mereka menganggap hal tersebut adalah kehancuran dalam hidupnya, hidup akan jauh berbeda paska perceraian, merasa segalanya menjadi kacau. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya dalam penelitian adalah: 1.) Bagaimana kondisi ketaatan beragama pada anak korban perceraian? 2.) Bagaimana penerapan Bimbingan Rohani Islam untuk memotivasi beragama pada anak korban perceraian? 3.) Bagaimana hasil Bimbingan Rohani Islam dalam memotivasi beragama pada anak korban perceraian. Peneliti ini bertujuan : 1.) Untuk mengetahui kondisi ketaatan beragama pada anak korban perceraian. 2.) Untuk menerapkan Bimbingan Rohani Islam dalam memotivasi beragama pada anak korban perceraian. 3.) Untuk mendeskripsikan hasil Bimbingan Rohani Islam dalam memotivasi beragama pada anak korban perceraian. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang sumber datanya diambil dari data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah di himpun, penulis menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan :1.) Kondisi ketaatan beragama pada kelima klien yaitu minimnya ilmu pengetahuan tentang keagamaan karena memang tidak ada pengawasan atau perhatian dari kedua orangtuanya, keluarganya juga lingkungannya. Sehingga anak senang mencari kebebasan tanpa memikirkan hal baik atau yang buruk sekalipun. 2.) Penerapan bimbingan rohani Islam yang diberikan konselor yakni pemberian motivasi dan bimbingan keagamaan agar klien bisa merubah perilaku buruk menjadi baik. 3.) Hasil yang dicapai setelah pelaksanaan bimbingan rohani Islam ialah kline bisa merubah perilaku menjadi lebih baik, klien juga bisa sedikit-sedikit memahami dan belajar tentang keagamaan tanpa paksaan siapapun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:00
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.