Peran Rumah Belajar Saab Shares dalam Pemberdayaan Pendidikan Anak Keluarga Fakir Miskin Jakarta Barat (Studi Kasus Saab Shares Jakarta Barat)

Alwan, Nizar (2022) Peran Rumah Belajar Saab Shares dalam Pemberdayaan Pendidikan Anak Keluarga Fakir Miskin Jakarta Barat (Studi Kasus Saab Shares Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530052_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530052_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530052_BAB I.pdf

Download (339kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530052_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_PMI_181530052_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (181kB)
[img] Teks
S_PMI_181530052_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (160kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530052_BAB V.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530052_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fenomena anak jalanan kini semakin merebak, terlebih lagi pada situasi pandemi Covid-19 yang membuat angka kemiskinan di Indonesia semakin tinggi. Pendidik diperlukan untuk membantu mereka mengembangkan proses berpikir mereka dan mengajari mereka bagaimana membuat hubungan antara masa lalu, sekarang dan masa depan dengan membimbing mereka untuk mengikuti pola perilaku yang dapat diterima secara sosial. Salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar seorang anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal adalah kebutuhan pendidikan yang mempengaruhi proses berpikir, bahasa, sosialisasi dan kemandirian anak. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, Yayasan Saab Shares sebagai yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan perempuan ikut serta dalam menanggulangi masalah anak jalanan. Untuk memberdayakan anak jalanan, Saab Shares membuat program-program pendidikan seperti Rumah Belajar dan Rumah Baca dengan sasaran anak-anak yang kurang mampu secara finansial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Yayasan Saab Shares dalam pemberdayaan pendidikan anak jalanan Jakarta Barat dengan studi kasus pada Saab Shares Jakarta Barat. Dengan rumusan masalah; 1)Bagaimana peran Yayasan Saab Shares dalam pemberdayaan pendidikan anak jalanan Jakarta Barat?; 2) Apa saja program-program Yayasan Saab Shares?; 3) Bagaimana hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Yayasan Saab Shares dalam pemberdayaan pendidikan anak jalanan Jakarta Barat? Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik evaluasi sebagai gambaran untuk mengukur berperan atau tidaknya sesuatu dalam suatu perkara, karena seseorang atau sekelompok orang dapat dikatakan berperan apabila terlibat dalam suatu perubahan, artinya memberikan dampak atau pengaruh baik itu dalam konteks positif atau negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saab Shares memiliki andil yang cukup penting dalam memberdayakan pendidikan anak jalanan Jakarta Barat dan bisa dikatakan bahwa Saab Shares “berperan” karena Saab Shares menyediakan beragam sarana edukasi, yang berfokus di pendidikan holistik, dengan mengadakan kelas karakter, pengembangan diri, pendidikan dasar, kelas seni, dan hal positif lainnya untuk anak-anak dan ibu-ibu kaum marginal. Karena hal tersebut, ada sebuah perubahan kepada anak jalanan dengan memberikan pengajaran dalam program Rumah Belajar. Ditinjau dari sebelum,saat, dan setelah pemberdayaan anak jalanan yang diberdayakan oleh Saab Shares menunjukkan perubahan pola pikir dan sikap yang signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Pendidikan, Anak Jalanan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:25
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.