Pemberdayaan Masyarakat pada Komunitas Mualaf Baduy di Kampung Landeuh Melalui Edukasi Literasi Al-Qur’an

Az-Zahrah, Azwina (2022) Pemberdayaan Masyarakat pada Komunitas Mualaf Baduy di Kampung Landeuh Melalui Edukasi Literasi Al-Qur’an. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530089_Cover.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530089_Lampiran Depan.pdf

Download (755kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530089_BAB I.pdf

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530089_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (905kB)
[img] Teks
S_PMI_181530089_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (779kB)
[img] Teks
S_PMI_181530089_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (704kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530089_BAB V.pdf

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530089_Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Indonesia memiliki berbagai macam etnis, salah satunya adalah etnis Baduy yang masih memegang teguh adat tradisi hingga sampai saat ini. Masyarakat Baduy tinggal di sekitar Pegunungan Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tepatnya pada sekitar daerah aliran sungai Ciujung. Kepercayaan yang mereka anut adalah Sunda Wiwitan. Perpindahan agama juga terjadi di kalangan masyarakat Baduy. Mereka keluar dari agama lamanya dan berpindah ke agama baru yang mereka pilih. Jika mereka memilih agama Islam maka mereka menjadi seorang mualaf. Masyarakat Baduy yang telah menjadi mualaf diwajibkan baginya untuk keluar dari wilayah adat Baduy. Seorang mualaf merupakan seseorang yang baru mengenal Islam, oleh karena itu perlunya pemebinaan untuk meningkatkan spiritual serta praktik keagamaan dalam dirinya. Karena itulah penulis mencoba untuk membantu para Mualaf Baduy khususnya yang berada di Kampung Landeuh melalui kegiatan edukasi literasi al-Qur’an. Tujuan dari kegiatan edukasi literasi al-Qur’an ini yaitu: 1) Untuk memberikan pelatihan dalam bidang keagamaan lewat edukasi literasi Al-Qur’an. 2) Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan praktik ibadah pada masyarakat Mualaf Baduy di Kampung Landeuh; 3) Menghidupkan Kampung Landeuh dengan ibadah dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Learning and Action yaitu pendekatan pemberdayaan yang melibatkan tahap pembelajaran melalui, konferesnsi, brainstorming, dan diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta focus group discussion. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Meningkatnya kemampuan baca tulis al-Qur’an masyarakat Mualaf Baduy di Kampung Landeuh; 2) Meningkatnya kemampuan praktik ibadah masyarakat Mualaf Baduy di Kampung Landeuh; serta 3) Munculnya kesadaran masyarakat untuk menghidupkan Kampung Landeuh dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan Mualaf, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:29
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.