Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Aladin Syariah Sebelum dan Sesudah IPO Menggunakan Metode RGEC

Atma, Atma (2022) Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Aladin Syariah Sebelum dan Sesudah IPO Menggunakan Metode RGEC. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420079_Cover.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420079_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420079_BAB I.pdf

Download (241kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_PBS_181420079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (169kB)
[img] Teks
S_PBS_181420079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (685kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420079_BAB V.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420079_Daftar Pustaka.pdf

Download (517kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pasar saham Indonesia yang sedang digandrungi oleh masyarakat di Indonesia membuat banyak perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Penawaran Saham Perdana. Bank Aladin Syariah yang baru saja melakukan IPO menarik minat peneliti untuk meneliti kinerja keuangan Bank Aladin Syariah sebelum dan sesudah IPO yang apakah akan mengalami peningkatan sesuai dengan teori tentang kinerja perusahaan pasca-IPO dan prospektus atau justru mengalami penurunan kinerja seperti fenomena yang sedang marak terjadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah Kinerja Bank Aladin Syariah mengalami perubahan dan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah melakukan IPO pada rasio NPF, FDR, ROA, ROE, NIM, CAR dan faktor GCG dengan menggunakan RGEC sebagai metode penelitian? 2) Apakah perubahan dan perbedaan kinerja yang dialami Bank Aladin Syariah sebelum dan sesudah melakukan IPO cukup besar dan seberapa besar perbedaan tersebut pada rasio NPF, FDR, ROA, ROE, NIM, CAR dan faktor GCG dengan menggunakan RGEC sebagai metode penelitian? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mencari tahu apakah terjadi perubahan dan perbedaan pada kinerja keuangan Bank Aladin Syariah sebelum dan sesudah Initial public offering (IPO) pada rasio NPF, FDR, ROA, ROE, NIM, CAR dan faktor GCG. 2) Untuk mencari tahu besarnya perbedaan kinerja keuangan Bank Aladin Syariah sebelum dan sesudah Initial public offering (IPO) pada rasio NPF, FDR, ROA, ROE, NIM, CAR dan faktor GCG. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Bank Aladin Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pendekatan yang bersifat komparatif dengan alat uji statistic non parametrik two related sample (Wilcoxon Test). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan dan laporan pelaksanaan GCG Bank Aladin Syariah periode 2020 – 2021 yang diperoleh dari situs resmi Bank Aladin Syariah. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja Bank Aladin Syariah pada rasio NPF, ROA, ROE, dan NIM, sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CAR dan FDR sebesar 0.034%, dan penilaian good corporate governance (GCG) mendapat predikat sangat baik, baik sebelum maupun sesudah melakukan IPO dengan nilai 1.10 sebelum IPO dan 1.30 sesudah IPO.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perbandingan Kinerja Bank Syariah, Metode RGEC, IPO, Bank Aladin Syariah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:31
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 08:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10486

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.