Analisis Potensi dan Kendala Pengembangan Asuransi Syariah di Keluarahan Lopang Serang

Suwandi, Wawan (2022) Analisis Potensi dan Kendala Pengembangan Asuransi Syariah di Keluarahan Lopang Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430102_COVER.pdf

Download (128kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430102_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (755kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430102_BAB I.pdf

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_171430102_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (427kB)
[img] Teks
S_AS_171430102_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (149kB)
[img] Teks
S_AS_171430102_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (269kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430102_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_171430102_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Asuransi sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, mengingat perkembangannya yang semakin marak. Asuransi merupakan satu-satunya instrumen keuangan yang dapat memberikan perlindungan atau jaminan pendapatan dan kerjasama hidup bagi ekonomi individu maupun organisasi dari risiko-risiko kehidupan yang tidak diketahui kapan datangnya. Kini asuransi telah menjadi salah satu alternatif terbaik dalam menabung dan merencanakan keuangan dan investasi jangka panjang. Akan tetapi, potensi asuransi dimasyarakat masih sangat rendah, kendalanya yaitu karena minat, edukasi dan tingkat kesadaran untuk berasuransi masih relatif rendah. Perumusan masalahnya adalah: 1) Apa potensi pengembangan asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang Kecamatan Serang Kota Serang? 2) Apa kendala pengembangan asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang Kecamatan Serang Kota Serang? 3) Bagaimana hasil analisis potesi dan kendala pengembangan asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang Kecamatan Serang Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui potensi dan kendala pengembangan asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang. 2) Untuk mengetahui kendala pengembangan asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang. 3) Untuk mengetahui hasil analisis potensi dan kendala pengembangan asuransi syariah di masyarakat Keluarahan Lopang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data sekunder yaitu bersumber dari buku, website, artikel, kajian penelitian yang terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Lopang memiliki potensi yang cukup baik untuk berasuransi syariah karena mayoritas penduduknya yang beragama Islam, teknologinya sudah maju, pertumbuhan masyarakatnya terus meningkat dan memiliki sumber daya alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, kurangnya literasi dan promosi dari pihak perusahaan asuransi syariah kepada masyarakat tentang industri asuransi syariah, menjadi kendala berkembangnya asuransi syariah di masyarakat Kelurahan Lopang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Potensi dan Kendala, Pengembangan Asuransi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:44
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 08:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.