Analisis Hukum Islam terhadap Penerapan Akad Murabahah pada Pinjaman Dana (Subsidi Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah Desa Kedaung WetanKecamatan NeglasariKota Tangerang)

Handriansyah, Muhammad (2022) Analisis Hukum Islam terhadap Penerapan Akad Murabahah pada Pinjaman Dana (Subsidi Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah Desa Kedaung WetanKecamatan NeglasariKota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130046_COVER.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130046_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (466kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130046_BAB 1.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (517kB)
[img] Teks
S_HES_171130046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (215kB)
[img] Teks
S_HES_171130046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130046_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Baru-baru ini penulis sering mendengar tentang adanya program pemerintah yang memberikan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar Syariah) atau yang biasa dikenal dengan sebutan bank emok oleh masyarakat. Masyarakat melakukan praktik pinjaman dengan penerapan akad murabahah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mencukupi terutama dalam hal mendirikan usaha. Bank PNM Mekaar Syariah yang merupakan layanan pemberdayaan berbasis kelompok sesuai ketentuan hukum islam yang berdasarkan fatwa dan/atau pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia yang ditunjukan bagi perempuan pra-sejahtera pelaku usaha ultra mikro. Bank PNM Mekaar Syariah merupakan salah satu program pemerintah yang cukup berkembang pesat di tahun ini. Penulis telah merumuskan permasalahan yang ada berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan diatas sebagai berikut: 1. Bagaimana Praktik Pinjaman dana dengan Akad Murabahah di PNM Mekaar Syariah Desa Kedaung Wetan kota Tangerang?. 2. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik di PNM Mekaar Syariah Desa Kedaung Wetan Kota Tangerang?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu dengan mendestripsikan data secara objektif.Sumber data yang dikumpulkan menggunakan penelitian lapangan (field research) dari hasil wawancara pada pihak-pihak yang terkait, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Akad Murabahah pada pinjaman dana di PNM Mekaar Syariah belum memenuhi ketentuan Syariah. Didalam praktik pinjaman Dana dengan Akad murabahah tersebut yang dilakukan oleh PNM Mekaar Syariah tidak menunjukan barang sebagai objek Murabahah melainkan hanya menyediakan uang dengan adanya akad, tetapi PNM Mekaar Syariah menyediakan kuasa untuk menguasakan pembeli untuk membeli barang sendiri dengan tambahan margin sebesar 25%. Adapun jangka waktu pembayarannya selama 50 minggu dan setiap minggu nya ia harus membayar uang sebesar Rp. 50.000. jika bunganya sebesar 25% maka total pembayaran selama 50 minggu sebesar Rp. 2.500.000Dalam Hukum Islam jika pinjaman yang di syaratkan itu tidak boleh, apalagi adanya tambahan bunga atau margin seberapa pun uangnya itu termasuk kedalam riba dan riba itu hukumnya haram. Dalam proses qard Islam melarang mendatangkan keuntungan atau manfaat sekalipun bagi pihak pemberi pinjaman. Apalagi dalam kontek pinjaman yang dilakukan PNM Mekaar Syariah ini mereka mengisyaratkan tambahan margin/keuntungan sebagai jasa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 06:20
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 06:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.