Hukum Barang Gadai Emas dalam Pandangan Imam Muhammad bin Idris (Syafi’i) dan Imam Maliki bin Anas

Pratiwi, Ajeng Rizki (2022) Hukum Barang Gadai Emas dalam Pandangan Imam Muhammad bin Idris (Syafi’i) dan Imam Maliki bin Anas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_161130019_Cover.pdf

Download (267kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_161130019_Lampiran Depan.pdf

Download (721kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_161130019_BAB I.pdf

Download (586kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_161130019_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_HES_161130019_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (587kB)
[img] Teks
S_HES_161130019_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (581kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_161130019_BAB V.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_161130019_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kegiatan akad gadai memiliki perjanjian yang dibuat oleh ra>hi>n (pemilik barang gadai) dan murtahi>n (penerima barang gadai) yang mana ra>hi>n harus menyerahkan emasnya sebagai barang jaminan kepada murtahi>n dan murtahi>n memberikan uang sebagai utang kepada ra>hi>n dengan syarat emas tersebut harus ditebus oleh murtahi>n sesuai dengan waktu tempo yang telah disepakati bersama. Apabila telah jatuh tempo emas tersebut belum saja dibayar oleh pemiliknya, maka emas tersebut akan dijual oleh murtahi>n dengan persetujuan pemiliknya. Namun, jika murtahi>n menjual emasnya tanpa izin pemiliknya maka Imam Syafi’i dan Imam Maliki berbeda pendapat mengenai permasalahan ini. Maka dalam skripsi ini penulis akan memaparkan hasil dari Hukum Barang Gadai Emas Dalam Pandangan Imam Syafi’i dan Imam Maliki. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah hukum barang gadai emas dalam pandangan Imam Syafi’i dan Imam Maliki? 2). Bagaimakah latar belakang perbedaan pendapat Imam Syafi’i dan Imam Maliki tentang hukum barang gadai emas? Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui hukum barang gadai emas dalam pandangan Imam Syafi’i dan Imam Maliki? 2). Untuk mengetahui latar belakang perbedaan pendapat Imam Syafi’i dan Imam Maliki tentang hukum barang gadai emas? Dalam penelitian ini penulis menggunakan kajian kepustakaan. Pada kajian ini merupakan sekumpulan penjelasan dari berbagai ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai panduan dan informasi dalam melakukan penelitian. Kajian kepustakaan berisi deskripsi mengenai bidang atau topic tertentu. Kajian pustaka pada skripsi ini menggunakan data primer dari kitab Al-Umm oleh Imam Syafi’i dan Fiqih Islam Waadillatuh dari Wahbah Zuhaili. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Imam Syafi’i dan Imam Maliki membolehkan adanya gadai emas, karena dalam gadai emas terdapat kemaslahatan untuk saling tolong menolong. Akad gadai dianggap tidak sempurna apabila belum adanya al-Qabdhu (serah terima barang yang digadaikan), hal ini sesuai dengan pendapat Imam Syafi’i. Sedangkan menurut Imam Maliki akad gadai sudah mengikat dengan ijab dan qabul saja. 2). Imam Syafi’i dan Imam Malik berpendapat dalam pelaksanaan gadai emas yang telah dijual sebelum waktu jatuh tempo tiba maka perubahan dengan menjual emas tersebut dianggap tidak sah. Karena hal ini dapat merugikan pemilik emas. Adapun yang membedakannya yaitu dari akadnya. Menurut Imam Maliki akadnya ikut batal. Namun menurut Imam Syafi’i akadnya tetap ada. Maka emas tersebut bisa dikembalikan kepada pemiliknya dengan syarat pemiliknya membayar gadai sesuai dengan akad awal. Latar belakang pada perbedaan Imam Syafi’i dan Imam Malik terdapat pada qurun waktunya yang berbeda, kondisi lingkungan yang berbeda dan pengaruh kekuasaan yang berlaku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam > 2x4.225 Rahn
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2022 03:19
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2022 03:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.