Tinjauan Hukum Islam terhadap Rekayasa Nikah Tahlil (Studi kasus di Desa Cikadu Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang)

Sartiah, Sartiah (2022) Tinjauan Hukum Islam terhadap Rekayasa Nikah Tahlil (Studi kasus di Desa Cikadu Kecamatan Cibitung Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110028_COVER.pdf

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110028_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (510kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110028_BAB I.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110028_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img] Teks
S_HKI_181110028_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (517kB)
[img] Teks
S_HKI_181110028_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110028_BAB V.pdf

Download (123kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110028_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (977kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pernikahan pada hakikatnya bertujuan untuk membentuk rumah tangga yang saakinah mawadah warahmah dan harus tercatat di KUA (Kantor Urusan Agama) agar diakui oleh Negara, namun pernikahan tahlil ini tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (nikah siri) dan hanya dilakukan dengan niat menceraikannya setelah melakukan hubungan biologis dengannya juga tidak di niatkan untuk membentuk keluarga yang kekal. Perumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana praktik rekayasa nikah tahlil di Desa Cikadu Kec. Cibitung Kab. Pandeglang ? Dan 2). Bagaimana rekayasa nikah tahlil ditinjau dari Hukum Islam ? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui bagaimana praktik nikah tahlil yang direkayasa di Desa Cikadu Kec. Cibitung Kab. Pandeglang, dan 2). Untuk mengetahui bagaimana rekayasa nikah tahlil di Desa Cikadu Kec. Cibitung Kab. Pandeglang ditinjau dari Hukum Islam. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang sumber datanya diambil dari data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah di himpun, penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, 1). Di Desa Cikadu ini ada orang yang bersedia menjadi muhallil atau mentahlil wanita yang telah ditalak tiga oleh suaminya, dan wanita yang ditahlil tersebut tidak hanya dari Desa Cikadu saja melainkan dari Kecamatan lain. Kasus perceraian di Desa Cikadu mungkin hampir sama dengan daerah lainnya, ketidakharmonisan antara suami dan istri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti: suami yang berselingkuh, istri yang terlalu curiga dan cemburu kepada suaminya, dan hal lain yang menyebabkan terjadinya pertengkaran antara keduanya sehingga sang suami menjatuhkan talak. Pernikahan tahlil yang dilakukan di Desa Cikadu Kec. Cibitung Kab. Pandeglang sebagian besar dilakukan dengan pernikahan siri, dengan maksud hanya untuk memenuhi syarat rujuk antara mantan suami dan mantan istri. Praktek pernikahan tahlil mengandung muatan paksaan, bayaran, kesepakatan, batasan waktu, dan kembalinya mantan suami dari pernikahan istri yang sudah diselang tanpa menunggu sampai masa iddahnya habis, bahkan muhallil dijadikan sebagai profesi oleh beberapa laki-laki di wilayah ini, 2). Nikah tahlil hukumnya sah jika dilakukan sesuai syari’at (rukun dan syaratnya terpenuhi/tidak ada rekayasa) akan tetapi nikah tahlil yang dilakukan di Desa Cikadu Kec. Cibitung Kab. Pandeglang mengandung unsur rekayasa yang bertentangan dengan hukum Islam dan nikah tahlil yang direkayasa juga bertentangan dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan pada pasal 1 yaitu perkawinan bertujuan untuk membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan dipertegas juga pada pasal 2 Kompilasi Hukum Islam “perkawinan yaitu akad yang sangat kuat atau mitsaqan ghalidzan untuk menaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 01:26
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 01:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.