Penguasaan Harta Warisan oleh Istri Kedua dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang)

Anisa, Anisa (2022) Penguasaan Harta Warisan oleh Istri Kedua dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110030_COVER.pdf

Download (125kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110030_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (497kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110030_BAB I.pdf

Download (600kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (144kB)
[img] Teks
S_HKI_181110030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (591kB)
[img] Teks
S_HKI_181110030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110030_BAB V.pdf

Download (150kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Harta warisan yang tidak langsung dibagikan kepada ahli waris yang menimbulkan masalah, umumnya harta warisan itu dikuasai salah satu pihak dari para ahli waris. Bahkan ada yang dikuasai oleh pihak bukan penerima harta warisan. Di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang terdapat kasus harta warisan yang tidak langsung dibagi lalu di kemudian hari timbul pihak yang menguasai harta tersebut yaitu istri kedua dari pewaris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana cara pembagian harta warisan kepada istri yang dipoligami di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, 2. Bagaimana hukum penguasaan harta warisan oleh istri kedua sebagai ahli waris di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang menurut Hukum Islam. Tujuan utama yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui cara pembagian harta warisan kepada istri yang dipoligami di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, dan 2. Untuk mengetahui hukum penguasaan harta warisan oleh istri kedua sebagai ahli waris di Desa Buaranjati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang menurut Hukum Islam. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder yang dianalisis dengan metode empirik. Data Primer penulis dapatkan dari hasil wawancara dengan 10 orang para pihak untuk mengetahui kasus yang terjadi di Desa Buaranjati. Data Sekunder, adalah data yang diperoleh dari sumber kedua sesudah data primer. Data sekunder penulis dapatkan dari dalam penelitian ini berupa buku, disertasi, jurnal, maupun dokumen yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1. Pembagian harta warisan kepada istri yang di poligami atas harta suami yang telah meninggal dunia, maka terdapat perhitungan pembagian harta bersama. Separuh harta bersama yang diperoleh istri pertama dan separuh harta bersama dengan istri kedua, dan masing-masing terpisah tidak ada percampuran harta. Pembagian harta warisan istri yang di poligami sama besarnya. Istri pertama dan istri kedua mendapatkan 1/16 dari harta suaminya, anak-anak perempuan mendapatkan 1/6 bagian, dan anak-anak laki-laki mendaptkan 2/6 dari harta ayahnya, 2. Penguasaan harta warisan oleh istri kedua yaitu tidak boleh karena hal tersebut telah di jelaskan pembagiannya dalam Al-Qu’an surat An-Nisa ayat 12. alasannya karena harta warisan tersebut setelah pewaris meninggal harus dibagikan kepada ahli waris, kecuali jika harta warisan tersebut diberikan kepada ahli waris yang gila, anak yang masih kecil atau dibawah umur, dikhawatirkan habis sia-sia harta warisan tersebut, maka harta warisan tersebut sementara waktu boleh diwakilkan atau dibawah perwalian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Harta Warisan, Istri Kedua, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.4 Hukum Waris / Faraid > 2x4.42 Ahli Waris
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 01:29
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 01:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.