Analisis Perbandingan Sistem Pemberian Kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) pada Bank Syariah Indonesia dengan Bank Republik Indonesia

Apriliatami, Nur (2022) Analisis Perbandingan Sistem Pemberian Kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) pada Bank Syariah Indonesia dengan Bank Republik Indonesia. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420018_Cover.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420018_Lampiran Depan.pdf

Download (819kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420018_BAB I.pdf

Download (322kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (558kB)
[img] Teks
S_PBS_181420018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (215kB)
[img] Teks
S_PBS_181420018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420018_BAB V.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420018_Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kredit mempunyai suatu kedudukan yang strategis sebagai salah satu sumber yang penting dalam membiayai kegiatan usaha, Pada bank konvensional pemberian kredit lebih menekankan pada perolehan bunga yang ditetapkan pada para debitur lalu jumlah besaran yang harus dikembalikan dan dibayarkan oleh debitur adalah sebesar jumlah yang di pinjamkan dengan dijumlahkan oleh bunga yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Dalam pemberian kredit di bank syariah jika debitur meminjam dana kepada bank syariah. Pihak debitur akan melakukan perjanjian awal dengan bank atau yang disebut dengan akad. Sesuai dengan pembahasan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Prosedur Pemberian Kredit kepada BSI dengan BRI untuk UMKM dan Bagaimana Mekanisme Pembayaran Angsuran Kredit kepada BSI dengan BRI untuk UMKM. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk Menganalisis Prosedur Pemberian Kredit kepada BSI dengan BRI untuk UMKM dan untuk Menganalisis Mekanisme Pembayaran Angsuran Kredit kepada BSI dengan BRI untuk UMKM. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif. Menggunakan data primer berupa hasil wawancara dengan pihak marketing Bank BSI dan BRI tentang pemberian kredit untuk UMKM. Teknik ini menggunakan purposive sample Penelitian ini diperkuat dengan data sekunder yang berasal dari referensi peneliti terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pemberian kredit untuk UMKM di bank konvensional dan bank syariah dari tahap pengajuan sampai dengan tahap pembayaran cicilan. Salah satunya terdapat akad dalam perjanjian pinjaman kredit di bank syariah khususnya pada BSI dan pada BRI pembayaran cicilan dapat dibayarkan melalui agen BRILink.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberian Kredit, UMKM, BRI, BSI
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 08:18
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 08:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.