Implementasi Nilai-Nilai Agama sebagai Motivasi Santri dalam Wirausaha Secara Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren AlMustajib Madarijul Ulum, Serang, Banten)

Rochman, M. Yazid Nur (2022) Implementasi Nilai-Nilai Agama sebagai Motivasi Santri dalam Wirausaha Secara Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren AlMustajib Madarijul Ulum, Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410163_COVER.pdf

Download (178kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410163_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (577kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410163_BAB I.pdf

Download (181kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EKIS_171410163_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (738kB)
[img] Teks
S_EKIS_171410163_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_EKIS_171410163_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410163_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_171410163_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa semangat yang tinggi, berani bersikap, siap berprilaku baik, dan berkemampuan dalam kewirausahaan. Pada zaman sekarang wirausha sudah banyak diminati masyarakat, namun mereka hanya berfikir untuk memilih usaha yang menguntungkan mereka tidak jarang mereka lupa bahwa segala usaha yang dijalani harus menggunakan nilai-nilai agama yang berupa nilai aqidah, nilai ibadah, dan akhlak. Nilai-nilai agama yang dibentuk untuk membentengi seorang wirausaha. Nilai-nilai tersebut diajarkan pada sebuah lembaga nonformal pada pondok pesantren yang memberi kesempatan para santri untuk berperan dalam membangun ekonomi. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implemenasi nilai-nilai agama dalam wirausaha pada santri secara syariah ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan bagaimana implement nilai-nilai agama yang dijadikan motivasi dalam wirausaha santri secara syariah di pondok pesntren Al-Mustajib Madarijul Ulum, Serang, Banten, sehingga dapat mengetahui cara berwirausahaan dengan penerapan berdasarkan agama dan wirasusaha mandiri santri dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulaitatif deskriptif yakni penelitian yang menggunakan kajian lapangan pada kemudian yang digambarkan cara observasi dan wawancara, serta dokumentasi. Pengambilan sampelanya dengan wawancara santri yang memiliki wirausaha. Sedangkan teknik analisis data mengunakan teknik deskriptif analisis yakni menggambarkan tentang implementasi nilai-nilai agama yang dijadikan motivasi oleh santri dalam menjalankan wirausaha secara syariah di pondok pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa wirausaha yang dijalankan santri Al-Mustajib Madarijul Ulum memiliki pemahaman tentang agama Islam yang baik dalam menjalankan wirausaha yang berpegang teguh pada nilai-nilai agama. Pada semua itu segala usaha yang dijalankan santri hanya untuk menadapatkan ridho Allah SWT dan membentuk pola berpikir baru, agar kelak setelah selesai dalam mengenyam pendidikan di pondok pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum dapat meneruskan dan mempraktekan wirausaha secara syariah. Inti pada penelitian ini menunjukan nilai-nilai agama yang dijadikan motivasi oleh santri dalam mempraktekan wirausah syariah telah sesuai dengan nilai-nilai agama pada usahanya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai-nilai Agama, Motivasi, Wirausaha
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 01:51
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 01:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.