Konseling Kelompok dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santriwati (Studi di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an, Sepang, Taktakan Serang Banten)

Selvia, Syerlin (2022) Konseling Kelompok dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santriwati (Studi di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an, Sepang, Taktakan Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520002_COVER.pdf

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520002_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (411kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520002_BAB I.pdf

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_BKI_181520002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (150kB)
[img] Teks
S_BKI_181520002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520002_BAB V.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Qur’an adalah sumber utama dan pertama ajaran Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia. Umat Islam diwajibkan untuk membaca Al-Qur’an, maka dari itu seorang muslim membaca Al-Qur’an harus sesuai dengan kaidah hukum tajwid, makharijul huruf yang benar, dan tartil. Namun, banyak sekali umat muslim yang masih salah dalam membaca Al-Qur’an, terutama pada santri yang masih keliru dalam membaca Al-Qur’an. Dikarenakan kurangnya motivasi untuk mempelajari Al-Qur’an Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an? 2) Bagaimana penerapan konseling kelompok dapat memotivasi kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an? 3) Bagaimana hasil penerapan konseling kelompok dalam memotivasi kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an. 2) Untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dalam memotivasi kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan konseling kelompok dalam memotivasi kemampuan membaca Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Modern Daar El-Istiqomah Kampus 2 Li Tahfidzil Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan penanganan dalam masalah ini dilakukan pendekatan dengan konseling kelompok. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi membaca Al-Qur’an pada santriwati adalah: karena pengabdi yang ada dikampus 2 belum semuanya memahami hukum bacaan tajwid. Karena dalam pelaksanaannya, kakak kelas yang mengabdi di pondok pesantren harus mengajar kepada adik kelasnya. Oleh karena itu, santri kurang bersemangat dalam mempelajari Al-Qur’an. aktivitas di pondok yang membuat santri lelah, dan kurang bersemangat. Santriwati merasa malu, minder, dan tidak percaya diri karena kemampuan ilmu tajwid dan makharijul huruf yang mereka miliki sangat kurang. Santriwati mempunyai target membaca Al-Qur’an dan hafalan Al-Qur’an yang cukup banyak. Tetapi, jika tidak mencapai target maka santriwati menjadi malas mempelajari Al-Qur’an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Group Counseling, Motivation, Ability to Read Al-Qur’an
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:12
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.