Kriteria Manusia Sombong dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Al-Jᾱmi‘Li Aḥkᾱm Al-Qur‟ᾱn Karya Syekh Imᾱm Al Qurṭubi)

Hudaefah, Efah (2022) Kriteria Manusia Sombong dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Al-Jᾱmi‘Li Aḥkᾱm Al-Qur‟ᾱn Karya Syekh Imᾱm Al Qurṭubi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_161320080_Cover.pdf

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_161320080_Lampiran Depan.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_161320080_BAB I.pdf

Download (608kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_161320080_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (453kB)
[img] Teks
S_IAT_161320080_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (603kB)
[img] Teks
S_IAT_161320080_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_161320080_BAB V.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_161320080_Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sifat sombong merupakan penyakit yang amat berbahaya. Sesungguhnya orang yang berlaku sombong (takabbur) adalah orang sakit yang sedang menderita kesakitan dan ia disisi Allah adalah terkutuk dan dimurkai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pengertian sombong dalam Al-Quran? 2). Bagaimana ciri manusia sombong dan dampak negatif sifat sombong, serta penyembuhan sifat sombong?, 3. Bagaimana penafsiran Syekh Imᾱm Al Qurtubi tentang ayat-ayat kriteria manusia sombong dalam Al-Qur'an? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah : 1). Untuk mengetahui pengertian sombong dalam Al-Quran;2).Untuk mengetahui ciri manusia sombong dan dampak negatif sifat sombong dan penyembuhan sifat sombong, 3. Untuk mengetahui penafsiran Al Qurtubi mengenai ayat-ayat kriteria manusia sombong. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi, kemudian selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan metode tematik, yaitu metode pengumupulan ayat-ayat dengan satu tema yang kemudian ditafsirkan menurut pandangan Al Qurtubi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: pengertian sombong adalah suatu sifat yang ada dalam jiwa yang tumbuh dari penglihatan nafsu dan tampak dalam perbuatan lahir. Adapun ciri manusia sombong adalah: 1. Pamer suka memuji diri dan membanggakan kemuliaan dirinya, 2. Meremehkan orang lain, 3. Suka mencela dan mengkritik orang lain, 4. Memalingkan muka ketika bertemu seseorang, 5. Berjalan disertai dengan jiwa keangkuhan , 6. Berlaga dalam bicara, 7. Memalingkan muka ketika bertemu seseorang dengan tujuan sombong, 8. Berlebih-lebihan dalam berpakaian. Dampak negatif dan cara menghindarinya adalah: 1.Bahaya pada diri sendiri, 2.Tidak suka menerima kritikan dan masukan, 3.Tidak suka melihat orang lain bahagia, 4.Menolak kebenaran, 5.Dibenci oleh Allah, 6.Menghancurkan amal Sholeh, 7.Merusak pergaulan manusia, 8.Kesombongan bermakna melihat pribadinya sangat mulia. Carameng hindaridari kriteria manusia sombong kita bias lakukan keimanan yang benar kepada Allah SWT, rajin beribadah, ikhlas, memperbanyak rasa bersyukur, bersikap tawadhu. Didalam Tafsir Al-Jᾱmi‘Li Aḥkᾱm Al-Qur‘ᾱn menurut penafsiran Al Qurṭubi tentang kriteria manusia sombong, kita sebagai umat Islam diajarkan untuk melakukan kebenaran dan tidak melakukan kesombongan terhadap Allah, Nabi dan Rasul serta terhadap sesama manusia, apa yang harus kita sombongkan di Dunia pada hakikatnya isi seluruh alam adalah ciptaan (amanah) Allah SWT, lakukanlah apa yang seharusnya kita lakukan dan yang oleh perintahkan serta larangan-Nya. Pada penafsiran Tafsir Al-Jᾱmi‘Li Aḥkᾱm Al-Qur‘ᾱn terdapat hadis-hadis dan pendapat para ulama sebagai penguat untuk menjelaskan dan menafsirkan ayat-ayat yang disebutkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kriteria Manusia Sombong, Al Qurṭubi
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 01:53
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 01:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.