Al-Mutarādif dan Al-Musytarak dalam Al-Qur’an (Studi atas Tafsīr Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wil Āyi Al-Qur’an Karya Aṭ-Ṭabarī)

Faradilla, Ayu Fuji (2022) Al-Mutarādif dan Al-Musytarak dalam Al-Qur’an (Studi atas Tafsīr Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wil Āyi Al-Qur’an Karya Aṭ-Ṭabarī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320068_COVER.pdf

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320068_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (789kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320068_BAB I.pdf

Download (632kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320068_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (862kB)
[img] Teks
S_IAT_181320068_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_IAT_181320068_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (983kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320068_BAB V.pdf

Download (212kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320068_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam penulisan ini membahas mengenai kata al-Mutarādif dan al-Musytarak beserta penerapannya dalam Tafsir Jāmi‟ al- Bayān „an Ta‟wi Āyi Al-Qur‟an Karya Aṭ-Ṭabarī. Penulis tertarik untukmelakukan penelitian ini karena ingin mengetahui lebih dalam tentang kata apa saja yang masuk pada kategori al-Mutarādif dan al-Musytarak menurut perspektif Aṭ-Ṭabarī dalam penerapan kitab tafsirnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Satu, Untuk mengungkap dan menjelaskan beragam kata dan makna (kata al-Khauf dan Khasy-yah, khalaqo, ja’ala, ḍalāl dan rahmah) menurut perspektif Al�Mutarādif dan Al-Musytarak. Dua, Untuk mengetahui penafsiran Aṭ-Ṭabarī terhadap kata-kata yang diduga Mutarādif dan Musytarak dalam Al-Qur‟an (kata al-Khauf dan Khasy-yah, khalaqo, ja’ala, rahmah, dan ḍalāl). Tiga, Untuk mengetahui pandangan aṭ-Ṭabarī mengenai Mutarādif dan Musytarak dalam Al-Qur‟an. Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian pustaka (Library Research), dengan meneliti buku-buku kepustakaan serta karya-karya ilmiah dalam bentuk lainnya. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Tafsīr Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wil Āyi Al-Qur’an KaryaAṭ-Ṭabarī. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, al-Mutarādif adalah lafażnya banyak tapi memiliki satu makna. Sebaliknya, al-Musytarak adalah satu kata yang memiliki makna yang banyak atau beragam. berdasarkan yang penulis teliti, kata yang termasuk al-Mutarādif yaitu al-Khauf dan Khasy-yah, khalaqo, ja’ala. Dan kata yang termasuk al-Musytarak adalah kata rahmah, dan ḍalāl. Dalam tafsirnya Aṭ-Ṭabarī tidak secara iżhar menjelaskan konsep al-Mutarādif dan al-Musytaraknya, bahkan Aṭ-Ṭabarī untuk menyinggung tentang ayat yang termasuk pada al-Mutarādif dan al-Musytarak pun tidak ia cantumkan. Kendati demikian, Aṭ-Ṭabarī berpendapat bahwa secara fakta al-Mutarādif dan al-Musytarak ada dalam Al-Qur‟an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Mutarādif, al-Musytarak, Tafsīr Jāmi‟ al-Bayān „an Ta‟wil Āyi Al-Qur‟an, Aṭ-Ṭabarī
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:05
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.