Perlindungan Hukum bagi Pengemis Anak yang TErjerat Razia Ditinjau dari Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 6 Tahun 2015 Pasal 32 Ayat 1 tentang Kota Layak Anak (Studi Kasus Kota Serang)

Saepudin, Saepudin (2022) Perlindungan Hukum bagi Pengemis Anak yang TErjerat Razia Ditinjau dari Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 6 Tahun 2015 Pasal 32 Ayat 1 tentang Kota Layak Anak (Studi Kasus Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120067_COVER.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120067_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (463kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120067_BAB I.pdf

Download (410kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HTN_181120067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (874kB)
[img] Teks
S_HTN_181120067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_HTN_181120067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120067_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120067_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Anak merupakan generasi penerus bangsa serta calon pengganti pemimpin bangsa, Memimpikan masa depan yang baik, tentunya anak-anak membutuhkan perhatian yang lebih, mulai diberikannya fasilitas pendidikan, hidup yang aman, lingkungan sosial yang baik, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Melalui Peraturan Daerah Kota Serang nomor 6 tahun 2015 pasal 32 ayat 1 tentang kota layak anak, semestinya semua kebutuhan anak bisa terpenuhi sesuai haknya, namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak anak-anak yang terlantar dan bahkan menjadi pengemis. Hal ini menandakan masih minimnya perlindungan yang di lakukan terhadap anak. Apabila fenomena ini terus menimpa kaum anak, bukan tidak mungkin ketika mereka mencapai usia dewasa, mereka akan menjadi orang yang mempunyai perilaku menyimpang. Inilah yang disebut anak rawan, yakni anak yang sangat rentan diperlakukan salah. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Faktor apasajakah yang menyebabkan anak menjadi pengemis, 2) Faktor apasajakah yang menghambat pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum bagi pengemis anak, 3) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi pengemis anak menurut Hukum Positif dan Hukum Islam. Tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor apasajakah yang menyebabkan anak menjadi pengemis, 2) Untuk mengetahui faktor apasajakah yang menghambat pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum bagi pengemis anak, 3) Untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi pengemis anak menurut hukum Positif dan hukum Islam. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data-data akurat yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara dengan beberapa responden yang terkait. Wawancara ini di lakukan dengan Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja dan pengemis anak di Kota Serang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Yang menyebabkan anak menjadi pengemis yaitu kurangnya perhatian dari orangtua, rendahnya pendidikan, pengaruh lingkungan, disuruh orangtuanya, putusnya sekolah, adapula yang mengemis tanpa sepengetahuan orangtua. 2) Perlindungan anak berdasarkan Peraturan Daerah Kota Serang nomor 6 tahun 2015 pasal 32 ayat 1 tentang Kota Layak Anak belum maksimal atau tidak berjalan dengan baik, disebabkan karena faktor kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang, kurangnya sumber daya manusia yang ahli dibidangnya, serta proses koordinasi yang lama antara dinas terkait. 3) Bentuk perlindungan hukum bagi anak yang terjerat razia yaitu diberinya perlindungan terhadap mereka yang mengemis akibat eksploitasi orangtua, diberkannya pengasuhan, pengawasan, pendampingan dan rehabilitasi. Dalam melakukan perlindungan berupa pengasuhan, pengawasan, serta rehabilitasi ini dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Serang dan bekerjasama dengan LKS.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 348 peraturan & kasus
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:14
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.