Penafsiran IsyᾹrī tentang Al-Ḥurūf Al-Muqaṭṭa’ah (Kajian Tafsīr Laṭā’if Al-Isyārāt Karya Al-Qusyairī)

Ummi, Ifro (2022) Penafsiran IsyᾹrī tentang Al-Ḥurūf Al-Muqaṭṭa’ah (Kajian Tafsīr Laṭā’if Al-Isyārāt Karya Al-Qusyairī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320041_Cover.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320041_Lampiran Depan.pdf

Download (298kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320041_BAB I.pdf

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320041_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_IAT_181320041_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (440kB)
[img] Teks
S_IAT_181320041_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320041_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320041_Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Qur’an adalah mukjizat yang kekal yang diturunkan Allah Swt., kepada Nabi Muhammad Saw. Al-Qur’an seperti magnet yang dapat menarik banyak orang untuk mengkajinya, inilah salah satu i’jāz al-Qur’an, tidak heran banyak sekali ahli tafsir yang mengaplikasikan beragam metode untuk menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Salah satunya adalah tentang al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah yang merupakan bagian dari fawātiḥ as-suwar. Dengan demikian, tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penafsiran al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah dalam al-Qur’an menurut salah satu ulama tafsir yaitu al-Qusyairī dalam tafsīr Laṭā’if al-Isyārāt dan untuk mengetahui isyarat ataupun simbol dalam penafsiran al-Qusyairī tentang al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Al-Qusyairī berpendapat bahwa al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Qāf (Surah Qāf), Nūn (Surah al-Qalam), Ḥā Mīm (Surah asy-Syūrā), ‘Aīn Sīn Qāf (Surah asy-Syūrā) dan Alif Lām Rā (Surah Yūnus) merupakan isyarat atau simbol dari nama-nama Allah. Kemudian al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Ṣād (Surah Sād), Ḥā Mīm (Surah Gāfir, asy- Syūrā, az-Zukhruf dan ad- Dukhān), Alif Lām Mīm (Surah Āli ‘Imrān, al-‘Ankabūt dan Luqmān), Alif Lām Rā (Surah Hūd) dan Alif Lām Mīm Rā (Surah ar-Ra’d) merupakan isyarat atau simbol dari sifat-sifat Allah. Kemudian, al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Sād (Surah Sād), Qāf (Surah Qāf), Nūn (Surah al-Qalam), Ḥā Mīm (Surah Fuṣṣilat, Gāfir asy- Syūrā, az-Zukhruf dan ad-Dukhān), Alif Lām Mīm (Surah al-Baqarah) dan Alif Lām Rā (Surah al-Ḥijr, Ibrāhīm Yūsuf dan Hūd) merupakan isyarat atau simbol dari sumpah Allah. Kemudian al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Ḥā Mīm (Surah al-Aḥqāf) dan Ṭā Sīn Mīm (Surah al-Qaṣaṣ) merupakan isyarat atau simbol dari istilah-istilah tasawuf. Kemudian al- ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Ṭā Hā (Surah Ṭāhā) dan Yā Sīn (Surah Yāsīn) merupakan isyarat atau simbol kepada Nabi Muhammad Saw. Kemudian al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Alif Lām Mīm (Surah ar-Rūm) merupakan isyarat atau simbol yang sesuai dan senada dengan isi kandungan surah ar-Rūm yaitu berisi tentang kabar gembira bagi orang-orang mukmin yang semasa hidupnya dihabiskan untuk berkhidmat kepada Allah. Kemudian al- ḥurūf al-muqaṭṭa’ah pada huruf Alif Lām Mīm (Surah as-Sajdah) merupakan isyarat atau simbol bagi para waliyullāh. Dan ada beberapa al-ḥurūf al-muqaṭṭa’ah yang juga tidak ditafsirkan oleh al- Qusyairī seperti huruf Ḥā Mīm (Surah al-Jāṡiyah), Tā Sīn (Surah an-Naml), Ṭā Sīn Mīm (Surah asy-Syu’arā’), Alif Lām Mīm Ṣād (Surah al-A’rāf) dan Kāf Hā Yā ‘Aīn Ṣad (Surah Maryam).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, al-Ḥurūf al-Muqaṭṭa’ah, Tafsīr Isyārī
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:25
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.