Kualitas Hadis-Hadis Ghibah dan Perintah Menjaga Lisan dalam Kitab Riyadhus Shalihin

Rouf, Muhamad (2022) Kualitas Hadis-Hadis Ghibah dan Perintah Menjaga Lisan dalam Kitab Riyadhus Shalihin. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_143700016_COVER.pdf

Download (175kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_143700016_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (545kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_143700016_BAB I.pdf

Download (389kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IH_143700016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_IH_143700016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (393kB)
[img] Teks
S_IH_143700016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (656kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_143700016_BAB V.pdf

Download (131kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_143700016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Secara definisi hadis adalah segala apa yang disandarkan kepada nabi muhammad saw. Berupa perkataan, perbuatan, sifat jasmani maupun moral, ataupun keputusan beliau. Definisi ini jika ditinjau dari struktur hadis yang terdiri dari sanad, matan dan perawi, baru memenuhi kriteria jami’, tetapi tidak memenuhi unsur mani’ (mencegah hal hal lain yang diluar pengertian hadis sesungguhnya). Oleh sebab itu banyak kalangan melihat hadis hanya dari aspek matannya saja, selama matan itu disandarkan kepada nabi muhammad saw. Selain itu sebagian lain melihat hadis dengan matan yang sama sebagai suatu hadis meskipun sanadnya berbeda beda. Padahal jika ditinjau dari struktur hadis, hadis itu tidak dihitung dari matannya, melainkan dari sanadnya meskipun matannya atau perawinya sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hadis hadis ghibah dan perintah menjaga lisan dalam kitab riyadhus shalihin yang ditulis oleh Syaikh Abu Zakaria Muhyuddin An-Nawawi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Library research atau penulisan berdasarkan litelatur. Dan metode studi dekomentasi. Studi dokumentasi merupakan kajian yang menititk beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteks, yaitu menggunakan sumber primer berupa kitab riyahdusshalihin dan buku sekunder yang menjadi pendukung dalam penelitian ini, informasi yang didapatkan dalam perpustakaan dan informasi lainnya, dalam analisis data menggunakan analisis isi (conten analysis), merupakan cara yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan kandungan isi pesan yang dilakukan dengan objektif dan sistematis agar mendapatkan formulasi yang kongkrit dan memadai sehinga dapat menjadi kesimpulan yang menjawab rumusan masalah. Prosedur penelitiannya yaitu: peneliti mencari kitab riyadhusshalihin yang ditulis oleh syaikh abu zakaria muhyiddin an-nawawi kemudian membacanya dan menemukan poin poin terpenting tentang hadis ghibah dan perintah menjaga lisan, selanjutnya dan terakhir, peneliti menelaahnya untuk menjawab permasalahan yang di bahas, yakni mengenai kualitas hadis hadis ghibah dan pentingnya menjaga lisan dalam kitab riyadhusshalihin karya syaikh abu zakaria muhyiddin an-nawawi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.3 Kumpulan Hadist menurut bidang tertentu. > 2x2.35 Hadist mengenai akhlak
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:43
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.