Pendisiplinan Pemakaian Celana Cingkrang di Pondok Pesantren Riyadhussholihin Desa Rocek Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang (Studi Living Hadis)

Thomas, Jerry (2022) Pendisiplinan Pemakaian Celana Cingkrang di Pondok Pesantren Riyadhussholihin Desa Rocek Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang (Studi Living Hadis). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370025_Cover.pdf

Download (57kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370025_Lampiran Depan.pdf

Download (783kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370025_BAB I.pdf

Download (443kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IH_171370025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_IH_171370025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_IH_171370025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370025_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370025_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dengan semakin maraknya orang yang berpakaian celana cingkrang yang pada awalnya jarang sekali orang yang mengenakannya sehingga membuat orang lain menganggap hal tersebut seperti hal yang asing di pandangan masyarakat Pandeglang, dengan berdirinya Pondok Pesantren Riyadhussholihin maka terjawablah problematika adab berpakaian diatas mata kaki yang mana Pondok Pesantren tersebut menerapkan peraturan untuk mengikuti sunnah-sunnah nabi secara Kaafah terutama dalam berpakaian diatas mata kaki. Sehingga masyarakat melihat dan tidak merasa asing lagi terhadap berpakaian diatas mata kaki. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis kemudian mengangkat beberapa rumusan masalah terkait dengan permasalahan yang akan dibahas yakni sebagai berikut: 1). Bagaimana status tentang hadis-hadis yang berkaitan dengan isbal ? 2). Bagaimana motivasi pengasuh Pondok Pesantren Riyadhussholihin tentang pakaian cingkrang ?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah : 1). Untuk mengetahui status tentang hadis yang berkaitan dengan isbal. 2). Untuk mengetahui motivasi pengasuh Pondok Pesantren Riyadhussholihin tentang pakaian cingkrang Jenis penelitian dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analisis. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa hadis-hadis yang menerangkan tentang celana cingkrang adalah hadis shahih, dimana kita dianjurkan untuk mengikuti sunnah-sunnah Nabi Muhammad Saw, menurut Fachrudin Nu‟man selaku pengasuh Pondok Pesantren Riyadhussholihin mengatakan bahwa Celana Cingkrang merupakan hal yang dianjurkan oleh syariaat Islam,bahwa islam melarang isbal atau mengenakan kain atau celana melebihi dari batas mata kaki baik dalam larangan sampai ke tingkat haram atau tidaknya. Sehingga sangat baik jika umat Islam mengindahkan larangan tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hadis, Celana Cingkrang, Living
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.9 Ilmu Hadist
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:54
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.