Dakwah dalam Perspektif Hadis (Kajian Hadis Tematik)

Perkasa, Rauf Julian Dani (2022) Dakwah dalam Perspektif Hadis (Kajian Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370007_ Cover.pdf

Download (207kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370007_ Lampiran Depan Skripsi.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370007_ Bab I.pdf

Download (581kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IH_171370007_ Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (810kB)
[img] Teks
S_IH_171370007_ Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IH_171370007_ Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (836kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370007_ Bab V.pdf

Download (415kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_171370007_ Daftar Pustaka.pdf

Download (496kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam Islam dakwah merupakan suatu sarana untuk mengajak orang untuk berbuat kebaikan. Pengertian dakwah itu terdapat dua istilah, yaitu dakwah Islamiah atau di„ayah Islam dan dakwah. Perbedaan kedua istilah tadi terletak pada rujukannya : pertama, merujuk pada nama suatu perangkat besar dari doktrin atau ajaran; kedua, merujuk pada suatu pekerjaan (proses) menyiarkan ajaran dan doktrin tersebut. Dalam menasehati atau menegur seseorang yang bersalah tidak boleh dilakukan dihadapan banyak orang, seperti kisah dari Imam Ahmad yang menasehati seorang muridnya dengan mendatangi langsung ke rumahnya. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pengertian Dakwah dalam pandangan islam?, 2) Bagaimana otentisitas hadis-hadis Dakwah?, 3) Bagaimana Dakwah dalam perspektif hadis Nabi Muhammad saw.? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk memahami bagaimana pengertian dakwah dalam pandangan islam. 2) Untuk mengetahui otentisitas hadis-hadis Dakwah. 3) Untuk mengetahui dakwah dalam perspektif hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : jenis penelitian perpustakaan (Library Research) dimana penulis mencari informasi dari kitab-kitab hadis dan buku-buku yang berkaitan dengan dakwah. Lalu, pendapat para ulama yang membahas tentang dakwah, skripsi, dan jurnal yang relevan, mendukung serta memberikan penjelasan tentang data yang dianalisis. Adapun langkah-langkah dalam melakukan penelitian hadis tematik ini adalah: 1) Menentukan kata kuncinya terlebih dahulu, 2) Memutuskan judul yang spesifik dari kata kunci tersebut, 3) Menentukan literatur utama atau sumber primer yang akan dijadikan objek kajian, 4) Memilih literatur-literatur sekunder yang akan digunakan sebagai data dan media pendukung dalam proses pelacakan teks hadis, 5) Melakukan proses atau aktivitas pelacakan (takhrij), 6) Melakukan analisis literal, 7) Melakukan pelacakan terhadap pemahaman para ahli yang terdapat dalam ragam literatur syarah, 8) Memberikan analisis korelatif, 9) Memberikan simpulan akhir. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu, dapat mengetahui hadis-hadis yang berkaitan tentang dakwah secara utuh dan terstruktur serta mengetahui kualitas hadis-hadis tersebut. Penulis membagi dakwah dalam prespektif hadis menjadi 2 bagian, yaitu urgensi dan rukun dakwah. Setiap pelaksana dakwah harus memahami dan mencontoh kepribadian Rasulullah dalam berdakwah. Karena dalam berdakwah kita harus memberikan contoh yang baik sebelum menyeru orang lain untuk berbuat baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hadis, Dakwah, Tematik
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.3 Kumpulan Hadist menurut bidang tertentu. > 2x2.372 Hadist mengenai da’wah
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:55
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.