Abidin, Zaenal (2022) Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Materi Fiqih di MTs Al-Ulya Al-Mubarok Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_182120176_COVER.pdf Download (114kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120176_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf Download (525kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120176_BAB I.pdf Download (410kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_182120176_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (644kB) |
||
Teks
T_PAI_182120176_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (126kB) |
||
Teks
T_PAI_182120176_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
|
Teks
T_PAI_182120176_BAB V.pdf Download (29kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120176_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah dan latihan soal pada saat pembelajaran fiqih. Padahal dalam kurikulum 2013 siswa dituntut lebih aktif dan kritis. Dengan demikian siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran fiqih di kelas. Untuk itu guru memerlukan model pembelajaran yang efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini di MTs Al Ulya Al Mubarok Kota Serang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian mengenai model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kualitas pemahaman materi fiqih di MTs Al Ulya Al Mubarok Kota Serang, bahwa: 1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kualitas pemahaman materi fiqih sudah cukup baik sesuai dengan tujuan serta komponen model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terlihat dari cara guru menyampaikan materi dengan mengajak siswa untuk mengamati langsung, kemudian berdiskusi, membuat kelompok belajar, serta mengarahkan siswa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata 2) Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan materi fiqih di MTs Al Ulya Al Mubarok Kota Serang, pembelajaran ini lebih bermakna dan real, artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa, sehingga tidak akan mudah dilupakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model CTL, Kualitas Pemahaman Materi Fiqih |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 04:16 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10261 |
Actions (login required)
Lihat Item |