Penerapan Kecakapan Hidup Melalui Metode Pembiasaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang

Nissa, Khoirun (2022) Penerapan Kecakapan Hidup Melalui Metode Pembiasaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260020_Cover.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260020_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260020_BAB I.pdf

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (408kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (285kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260020_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260020_Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kecakapan hidup melalui metode pembiasaan anak usia 5-6 tahun serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kecakapan hidup melalui metode pembiasaan di Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal, di Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Objek penelitiannya adalah orang tua peserta didik dan anak usia 5-6 tahun. Orang tua siswa menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan kecakapan hidup melalui metode pembiasaan yaitu beberapa orang tua menggunakan metode pembiasaan dengan cara memberi contoh terlebih dahulu kepada anak, menjelaskan tata caranya, serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapula beberapa orang tua lain yang melakukan langkah-langkah penerapan kecakapan hidup melalui metode pembiasaan yaitu dengan cara mempraktikan langsung, meminta anak melakukannya sendiri setelah mengalami kesulitan baru dijelaskan tata caranya, dan membiasakan melakukannya sendiri. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kecakapan hidup melalui metode pembiasaan bagi yaitu: faktor pendukung tentunya adalah pendidikan, orang tua dan anak. Faktor penghambat tidak jauh berbeda dengan faktor pendukung, yaitu waktu orang tua dan anak. Kurangnya waktu yang dimiliki orang tua akan menjadi penghambat dalam proses tumbuh kembang anak serta anak yang moodyan dan anak yang hanya ingin menjalankan perintah orang tua tetapi selalu menginginkan imbalan hp.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kecakapan Hidup, Metode Pembiasaan, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 04:40
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 04:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.