Optimalisasi Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Rumah (Kampung Pakijingan Desa Bandulu Kecamatan Anyar Kabupaten Serang-Banten)

Aini, Hilwatul (2022) Optimalisasi Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Rumah (Kampung Pakijingan Desa Bandulu Kecamatan Anyar Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260072_Cover.pdf

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260072_Lampiran Depan.pdf

Download (861kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260072_BAB I.pdf

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (123kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260072_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260072_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kurangnya pemahaman para ayah bahwa mengasuh itu bukan hanya tugas ibu, kondisi ini terjadi di kampung pakijingan dimana ayah kurang optimal melakukan tugasnya mengasuh anak. Dengan alasan kewajiban ayah adalah mencari nafkah, selain kesibukan mencari nafkah alasan ayah kurang optimal dalam mengasuh anak juga karena di sibukkan dengan hobinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Peran orang tua dalam pengasuhan anak usia dini di rumah kampung pakijingan. (2) Hambatan peran ayah dalam pengasuhan anak usia dini di rumah kampung pakijingan. (3) Solusi yang menghambat ayah dalam pengasuhan anak usia dini di rumah kampung pakijingan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek 6 ayah di kampung pakijingan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran ayah dalam pengasuhan anak usia dini di rumah kampung pakijingan dapat ayah lakukan dengan menjadi suri tauladan yang baik untuk anak-anak, melakukan kegitan bersama anak, ayah menanamkan nilai agama sejak anak usia dini, ayah menerapkan pola hidup bersih dan sehat dirumah. (2) Hambatan peran ayah dalam mengoptimalkan pengasuhan anak usia dini di rumah di kampung pakijingan adalah kesibukan orang tua dalam melakukan hobinya, kesibukan orang tua bekerja, kurangnya pengetahuan dalam pengasuhan anak dan lingkungan masyarakat. (3) Solusi yang dapat ayah lakukan dalam pengasuhan anak usia dini di kampung pakijingan adalah dengan mengatur waktunya antara kerja, hobi dan keluarga, meluangkan waktu libur kerja atau senggang untuk anak agar terjalin komunikasi yang baik dengan anak. Melakukan kegiatan yang anak senangi, mengalihkan anak kepada hal-hal yang menarik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Ayah, Pengasuhan, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:30
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.