Peran Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di Lingkungan Curug Kepuh Desa Bagendung Kecamatan Cilegon

Sumyati, Sumyati (2022) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Religius pada Anak Usia 5-6 Tahun di Lingkungan Curug Kepuh Desa Bagendung Kecamatan Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260040_Cover.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260040_Lampiran Depan.pdf

Download (722kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260040_BAB I.pdf

Download (272kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (160kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260040_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260040_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan karakter religius pada anak di lingkungan curug kepuh. Orang tua merupakan sosok yang paling terdekat dengan anak sehingga sangat berperan penting dalam penanaman karakter. Penanaman karakter religius harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua haruslah mempunyai pengetahuan yang cukup untuk mendidik dan membimbing anaknya. Kenyataannya menunjukkan bahwa banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan, Itulah sebabnya maka banyak anak-anak yang kurang memiliki akhlakul karimah, Oleh karena itu orang tua sebaiknya menanamkan karakter anak yang baik sejak dini, untuk memperkokoh pondasi yang dimiliki anak.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Anak usia 5-6 tahun di lingkungan Curug Kepuh desa Bagendung Kecamatan Cilegon (2) Solusi Orang Tua Dalam Penanaman Karakter Religius Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Lingkungan Curug Kepuh Desa Bagendung Kecamatan Cilegon. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Pemilihan subjek 6 orang tua di lingkungan curug kepuh. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2021.Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan pengamatan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran orang tua dalam menanamkan karakter religius pada anak di lingkungan curug kepuh dapat orang tua lakukan dengan menjadi sosok nyata dan memberikan pembiasaan seperti sholat berjamaah dan mengaji dengan khusyu, berkata jujur, dan bersikap disiplin. (2) Solusi yang dapat orang tua lakukan dalam menanamkan karakter religius pada anak yaitu memberikan waktu luang untuk bermain dengan anak, melakukan kegiatan yang disenangi anak, dan memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah atas perilaku baik pada anak. Faktor Pendukung orang tua dalam menanamkan karakter pada anak yaitu adanya sikap tegas, memberikan contoh nyata pada anak, dan memberikan arahan/pemahaman pada anak. Hambatan yang dialami oleh orang tua di lingkungan curug kepuh dalam menanamkan karakter religius yaitu faktor pembawaan dan faktor lingkungan seperti kesibukan orang tua dalam bekerja, teman bermain yang dapat mempengaruhi pribadi anak yang tidak baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Orang Tua, Karakter Religius, Anak usia 5-6 tahun
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:39
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 02:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.