Ramadani, Dede Riska (2022) Implementasi Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial dan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260072_Cover.pdf Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260072_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260072_BAB I.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260072_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (649kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260072_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (198kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260072_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (608kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260072_BAB V.pdf Download (162kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260072_Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi keteladanan guru dalam pembentukan karakter peduli sosial dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang, untuk mengetahui berbagai karakter anak di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang serta untuk mengetahui hambatan guru dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keteladanan guru dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin pada anak sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilihat dari cara guru memberikan contoh teladan yang baik dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai karakter peduli sosial dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran seharihari di sekolah. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru mengenai pembentukan karakter peduli sosial dan disiplin anak seperti keterbatasan waktu dimana guru tidak memiliki banyak waktu di sekolah untuk terus menerapkan hal-hal tersebut. Selain faktor waktu, keadaan personal anak juga menjadi salah satu hambatan dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak melalui implementasi keteladanan guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi keteladanan guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk karakter peduli sosial dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Al-Bilqis Kabupaten Pandeglang Banten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak Usia Dini; Karakter Disiplin; Karakter Peduli Sosial; Keteladanan Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 03:14 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 03:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10214 |
Actions (login required)
Lihat Item |