Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan (Studi Kasus di PT. Takaful Keluarga)

Rahmawati, Riska (2022) Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan (Studi Kasus di PT. Takaful Keluarga). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430135_COVER.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430135_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430135_BAB I.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430135_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_AS_181430135_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (233kB)
[img] Teks
S_AS_181430135_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (553kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430135_BAB V.pdf

Download (76kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430135_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena analisis kesehatan keuangan diarasa penting untuk kemajuan perusahaan kedepannya, selain itu juga memudahkan para investor dan calon peserta asuransi untuk meminimalisir kerugian yang akan yang akan terjadi, dan juga agar tidak salah dalam memilih perusahaan asuransi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : “Bagaimanakah tingkat kesehatan keuangan pada PT. Takaful Keluarga?” Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : “Untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan pada PT. Takaful Keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memakai pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berlandaskan terhadap filsafat positivisme. Metode penelitian ini menjelaskan bagaimana cara perhitungan nilai kondisi keuangan perusahaan asuransi dengan membagi kondisi keuangan perusahaan menjadi 4 (empat) kategori yaitu : sehat sekali, sehat, kurang sehat dan tidak sehat. Kesimpulannya hasil analisis Ratio Risk Based Capital untuk menginformasikan tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi dalam kategori “Sehat Sekali” karena memiliki nilai lebih dari >100%. Rasio Return On Invesment yang dimiliki PT. Takaful Keluarga adalah sebesar 667% untuk itu perusahaan masuk dalam kategori "Sehat" karena sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Prawironegoro bahwa ROI dikatakan baik bila nilai ROI diatas biaya modal. Ratio Klaim yang dimiliki perusahaan PT. Takaful Keluarga adalah sebesar 60.8%, untuk itu perusahaan masuk kategori “Sehat” karena beban klaim yang terjadi masih dibawah batas maksimal 100%. Dan Rasio Pertumbuhan Premi yang dimiliki perusahaan Takaful Keluarga adalah sebesar 18% untuk itu perusahaan masuk dalam kategori "Kurang Sehat" karena sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sindi Nurfadila dalam penelitiannya yang berjudul Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi bahwa batas normal untuk rasio pertumbuhan premi minimal 23%. mencerminkan PT. Asuransi Takaful Keluarga belum maksimal dalam menghasilkan profit/keuntungan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Kesehatan Keuangan Asuransi, Risk Based Capital, Return On Invesment, Klaim, dan Premi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:22
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.