Strategi SD Kemala Bhayangkari 01 dalam Menerapkan Moderasi Beragama

Lutfiah, Yayah (2022) Strategi SD Kemala Bhayangkari 01 dalam Menerapkan Moderasi Beragama. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240006_Cover.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240006_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (639kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240006_Bab I.pdf

Download (296kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240006_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240006_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (197kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240006_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240006_Bab V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240006_Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Moderasi beragama erat kaitannya dengan sikap toleransi dan tenggang rasa yang dimiliki guna menjaga suatu kebersamaan serta memahami satu sama lain. Dalam sebuah kegiatan peran guru di sekolah memiliki strategi SD Kemala Bhayangkari 01 dalam Menerapkan Moderasi Beragama yang sesuai dengan tujuan nya. Strategi dapat diartikan sebagai “siasat,” ”kiat,” ”trik” atau “cara.” Secara terminologi strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai suatu sasaran khusus. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi moderasi beragama serta faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan moderasi beragama. Penelitian ini dilakukan di SD Kemala Bhayangkari 01. Pada penelitian ini, subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dan PAK (Pendidikan Agama Kristen). Guru mata pelajaran Agama Islam dan Agama Kristen siswa kelas VI tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi SD Kemala Bhayangkari 01 dalam menerapkan moderasi beragama sudah sangat baik karena SD Kemala Bhayangkari 01 dalam melakukan penerapan suatu agenda terstruktur di lembaga sekolah yaitu pentingnya peran kepala sekolah dan guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan moderasi beragama. Adapun peran guru dalam menerapkan strategi moderasi beragama yaitu Peran guru PAI dan PAK di SD Kemala Bhayangkai 01 meliputi; 1) Conservator (pemelihara), 2) Innovator (pengembang), 3 Transmiter (penerus), 4) Transformator (penerjemah), 5) Organizer (penyelenggara). Adapun faktor pendukungnya yaitu guru,sekolah, orang tua dan faktor penghambatnya yaitu murid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Moderasi Beragama, Sekolah Dasar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 03:29
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 03:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.