Peran LAZ Harfa dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Studi Kasus di Desa Ciodeng Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang)

Supyati, Yati (2022) Peran LAZ Harfa dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Studi Kasus di Desa Ciodeng Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_153800055_COVER.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_153800055_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (489kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_153800055_BAB I.pdf

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_153800055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_PMI_153800055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_PMI_153800055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (197kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_153800055_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_153800055_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik nyaman dan sehat serta menyenangkan sehingga membuat kita betah tinggal di rumah. Jika dikelola dengan baik pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti: tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan, dan juga sebagai sumber pendapatan. Pemanfaatan lahan pekarangan dalam segi meningkatkan kesejahteraan pangan dan ekonomi masyarakat, supaya masyarakat mampu menggali potensi yang ada dan mampu meningkatkan kehidupan mereka, serta mampu membentuk masa depan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Keadaan lahan di desa Ciodeng masih sangat kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Terlihat dari beberapa lahan pekarangan yang ada di depan rumah sekitar masyarakat desa Ciodeng tidak dipergunakan dengan baik, kurangnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan perlu adanya pemberdayaan agar dapat meningkatkan rasa kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada dengan bercocok tanam dengan menggunakan bahan yang ada seperti: kaleng bekas, polibag, pot dan lain sebagainya. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Peran LAZ Harfa dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Ciodeng Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang?. 2) Bagaimana cara mengelola pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di Desa Ciodeng Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang?. 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam program pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Ciodeng Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang?. Adapun tujuannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran LAZ Harfa dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Ciodeng Kabupaten Pandeglang. 2) Untuk mengetahui bagaimana cara mengelola pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Ciodeng Kabupaten Pandeglang. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam program pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Ciodeng Kabupaten Pandeglang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari apa yang diteliti. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 06:59
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.