Layanan Konseling Individu Menggunakan Teknik Cognitive Defusion untuk Memotivasi Kepercayaan Diri Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan)

Mu’minah, Imma Maratul Mu’minah (2022) Layanan Konseling Individu Menggunakan Teknik Cognitive Defusion untuk Memotivasi Kepercayaan Diri Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520113_COVER.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520113_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (909kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520113_BAB I.pdf

Download (294kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (515kB)
[img] Teks
S_BKI_181520113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_BKI_181520113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520113_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (730kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Teknik Cognitive Defusion merupakakan salah satu dari teknik dari pendekatan ACT (Acceptence And Commitment Therapy), yang dimana dalam berkaitan dengan untuk membantu individu dalam membuat pilihan dan tindakan yang konsisten (perilaku tertentu seperti nilai yang mereka yakini pada diri mereka sendiri). Untuk menerima setiap situasi (misalnya, hubungan yang kasar), tapi beberapa keadaan akhirnya harus diterima mislanya kejadian yang terjadi pada masa lalu yang membuat mereka cemas, meskipun kejadian itu terjadi mereka tetap ada sampai sekarang, dan mereka harus menyadari itu. Penelitian ini dilakukan berkenaan dengna temuan penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan, beberapa santri mengalami kesulitan dalam memotivasi kepercayaan dirinya. Dengan penemuan tersebut, peneliti memberikan terapi teknik Cognitive Defusion kepada sejumlah santri. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diteliti adalah (1) Bagaimana Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Darussalam Pipitan? (2) Bagaimana Hasil dari Penerapan Teknik Cognitive Defusion Dalam Memotivasi Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Darussalam Pipitan?. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana layanan konseling individu dengan teknik Cognitive Defusion pada santri dapat memotivasi kepercayaan diri santri di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru BK di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan, Setelah menjalani proses konseling dengan teknik Cognitive Defusion terhadap santri yang kurang kepercayaan diri di Pondok Pesantren Darussalam Pipitan, terjadi perubahan pada diri santri yaitu adanya keyakinan dalam diri santri untuk menerima kejadian dai masa lalu dengan kejadian di masa saai ini, sehingga kejadian/pengalaman buruk masa lalu tidak menghambat di masa kini, penerimaan tersebut tentu saja dibarengi dengan tidak menghakiminya. Serta adanya perubahan dari kemampuan santri dalam kepercayaan diri, santri mampu untuk berkomunikasi dengan santri lain, serta terjadinya hubungan social yang terjalin dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Individu, Cognitive Defusion, Motivasi, Kepercayaan Diri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 03:57
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 03:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.