Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Bernuansa Kontekstual (R & D pada Kelas IV SDN Banjarsari 1 Kota Serang)

Dinina, Vina (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Bernuansa Kontekstual (R & D pada Kelas IV SDN Banjarsari 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161410118_Cover.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161410118_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (815kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161410118_Bab I.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161410118_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (276kB)
[img] Teks
S_PGMI_161410118_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img] Teks
S_PGMI_161410118_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161410118_Bab V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161410118_Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul tematik Tema 7 bernuansa kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) tipe 4D. Menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pemeriksaan validitas menggunakan exploratory factor analysis, reabilitas dihitung dengan teknik inter-rate-reability, yaitu dengan menggunakan metode percent agreement. Hasil rekapitulasi uji kelayakan produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada Aspek fisik/tampilan mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, pada aspek bahasa mendapatkan total skor 4,6 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, pada aspek komponen modul mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sehingga hasil rekapitulasi pakar validasi skor kualifikasi dari seluruh aspek berjumlah 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sementara, reabilitas Pada tahap pengujian pertama Modul Tematik Bernuansa Kontekstual memperoleh jumlah IRR sebesar 0,72% atau 72% dengan kategori reabilitas “Baik atau B”. Pada tahap kedua jumlah IRR sebesar 0,83 atau 83% dengan kategori reabilitas “Baik atau B”. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemahaman siswa di kelas IV SDN Banjarsari Kota Serang mengalami peningkatan di setiap evaluasinya. Dari hasil uji voba Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada evaluasi ke-1 memperoleh skor 69% dengan kategori keefektifan “Baik atau B”, Pada evaluasi 2 didapatkan perolehan skor 88% dengan kategori keefektifan produk “Baik atau B” Sedangkan, pada evaluasi 3 sangat meningkat yaitu 100 atau 100% dengan kategori keefektifan produk “Sangat Baik atau A”. Sementara hasul respon siswa terhadap produk menunjukkan bahwa produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata perolehan skor 88,7% dengan kategori “Baik/B”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Kontekstual, Pemahaman Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 04:01
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 04:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.