Kholilah, Siti (2022) Kesiapan Guru MI Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 di MI Sirajul Af’idah Kecamatan Gunungsari. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240046_Cover.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240046_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (574kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240046_Bab I.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240046_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240046_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (270kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240046_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (288kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240046_Bab V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240046_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan upaya kesiapan guru MI Sirajul Af’idah dan kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di MI Sirajul Af’idah. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak guru yang merasa kesulian dalam menerapkan kurikulum 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah melakukan upaya persiapan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 diantaranya guru sudah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru sudah menggunakan media dalam proses pembelajaran, menggunakan metode dan guru sudah melaksanakan penilaian pembelajaran. Namun, guru masih mengalami beberapa kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik kurikulum 2013 yaitu guru merasa kesulitan dalam merencanakan pembelajaran tematik ketika memadukan materi pembelajaran dalam langkah-langkah dan indikator pembelajaran, guru merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik karena alokasi waktu yang tidak sesuai antara alokasi waktu yang direncanakan pada RPP dengan alokasi waktu yang dilakukan guru selama kegiatan pembelajaran, dan guru merasa kesulitan dalam melakukan evaluasi pembelajaran karena terlalu banyak aspek yang harus dinilai yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan aspek keterampilan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kesiapan Guru, Pembelajaran Tematik integratif, Kurikulum 2013 |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:16 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10121 |
Actions (login required)
Lihat Item |