Hubungan Antara Pembelajaran Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Kaum Ibu dalam Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Majelis Ta’lim Al-Bantani Desa Bojong, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang)

Al-Istiqomah, Dewi Nur Amaliyyah (2022) Hubungan Antara Pembelajaran Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Kaum Ibu dalam Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Majelis Ta’lim Al-Bantani Desa Bojong, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210073_Cover.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210073_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210073_Bab I.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210073_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (741kB)
[img] Teks
S_PAI_181210073_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
S_PAI_181210073_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210073_Bab V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210073_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran ilmu tajwid di Majelis Ta’lim Al-Bantani, mengetahui kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Al-Bantani, dan mengetahui hubungan antara pembelajaran ilmu tajwid dengan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Al-Bantani. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data tes tulis dan tes lisan yang dilakukan di Majelis Ta’lim Al-Bantani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian korelasional, dengan mengambil populasi seluruh kaum ibu Majelis Ta’lim Al-Bantani dan sampel berjumlah 45 kaum ibu dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasional dengan menggunakan Product Moment ( ) diperoleh dari data koefisien korelasi sebesar 0,73 berada diantara (0,60 – 0,799). Hal ini menunjukkan bahwa antara pembelajaran ilmu tajwid (variabel X) dengan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an (Variabel Y) terdapat korelasi yang kuat. Adapun kontribusi terhadap pembelajaran ilmu tajwid (Variabel X) dan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an (Variabel Y) dengan koefisien determinasi diperoleh 53,29 % sedangkan sisanya sebesar 46,71 % dipengaruhi faktor lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Ilmu Tajwid, Kemampuan Kaum Ibu, Membaca Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Nov 2022 07:23
Perubahan Terakhir: 11 Nov 2022 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.